Sukses

Rusia Akan Buka Perwakilan untuk ASEAN di Jakarta

Pembukaan misi permanen pertama Rusia di Jakarta akan diresmikan saat kunjungan Menlu Rusia, Sergey Lavrov.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin, memastikan lawatan menlu negaranya Sergey Lavrov ke Jakarta tidak hanya akan bertemu sejumlah pejabat penting pemerintahan.

Lavrov juga rencananya akan meresmikan misi permanen Rusia untuk ASEAN. Pembukaan tersebut menandakan komitmen Rusia untuk memperkuat hubungan dengan asosiasi negara-negara Asia Tenggara tersebut.

"Satu lagi poin penting, ada juga inaugurasi dari pembukaan misi permanen Rusia untuk ASEAN," ucap Galuzin di Jakarta, Senin (24/7/2017).

Terkait lawatan pertemuan antara Menlu Retno dan Lavrov, Galuzin belum bisa memastikan ada beberapa kerja sama yang akan disepakati.

"Kami sedang mengerjakan itu. Kami harap ada dokumen yang disepakati," papar Galuzin.

ASEAN dan Rusia memulai hubungan informal dialog sejak 1991. Hubungan tersebut meningkat pada 1996 ketika kedua pihak sepakat menjalin hubungan formal kerjasama kemitraan.

Kerja sama kemitraan ASEAN-Rusia terus diperkuat yang ditandai dengan pelaksanaan KTT pertama ASEAN-Rusia pada 2005 di Kuala Lumpur. Pertemuan tersebut menghasilkan, Joint Declaration of the Heads of State/Government of the Member Countries of the Association of Southeast Asian Nations and the Head of State of the Russian Federation on Progressive and Comprehensive Partnership.

Dilansir dari situs kemlu.go.id, hubungan kerja sama kemitraan tersebut semakin ditingkatkan melalui penyelenggaraan KTT ke-2 ASEAN-Rusia pada 2010 di Hanoi, Vietnam.

Pada 2016 lalu, untuk memperingati 20 tahun terbinanya hubungan tersebut, diadakan KTT Peringatan ASEAN-Rusia di Sochi.

Pada KTT tersebut, dihasilkan tiga dokumen penting demi mempererat hubungan kedua pihak. Dokumen tersebut adalah Sochi Declaration, Comprehensive Plan, dan Report Rusia-ASEAN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini