Sukses

India Luncurkan Kereta Listrik Berenergi Surya

Untuk pertama kali, India meluncurkan kereta listrik berbahan bakar surya dalam kontribusinya mengurangi efek pemanasan global.

Liputan6.com, New Delhi - India baru-baru ini meluncurkan kereta listrik berbahan bakar surya. Di ibu kota negara itu, New Delhi, kendaraan dengan bahan bakar alternatif itu diperkenalkan.

"Menjadikan lingkungan sebagai pertimbangan, Indian Railways meluncurkan kereta enam gerbong bertenaga 1.600 horsepower," ujar Direktur Umum Hubungan Masyarakat Indian Railways, Anil Saxena.

"Kereta itu bertenaga surya dan juga memiliki cadangan baterai untuk digunakan pada malam hari. Ini adalah kereta pertama dengan jenis tersebut," imbuh dia.

Sebanyak 16 panel surya dipasang di atap gerbong dan digunakan sebagai sumber penggunaan alat listrik -- menggantikan generator diesel.

Dikutip dari The Straits Times, Kamis (20/7/2017), penggunaan kereta listrik berpanel surya tersebut merupakan bagian agar India tetap berada dalam jalur persetujuan iklim Paris.

"Indian Railways berfokus pada energi bersih, jadi kami merevisi kebijakan bahan bakar. Ini akan menguntungkan penyedia layanan kereta, masyarakat, dan juga negara," ujar Menteri Kereta Api India, Suresh Prabhu.

Kereta tersebut akan digunakan dalam perjalan dari New Delhi ke negara bagian Hayana yang terdapat di utara.

Indian Railways memperkirakan bahwa kereta listrik itu akan mengurangi konsumsi diesel hingga 21.000 liter per hari dan menghemat US$ 18.000 atau sekitar Rp 239,7 juta.

Rencananya, 24 kereta juga akan dilengkapi dengan sistem yang sama dalam enam bulan ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini