Aneh tapi Nyata, Gajah Ditemukan Sedang Berenang di Tengah Laut

Oleh Tanti Yulianingsih pada 14 Jul 2017, 17:01 WIB
Gajah ditemukan berenang 16 Km di laut. (AFP)

Liputan6.com, Kolombo - Ini peristiwa yang terdengar aneh tapi nyata: seekor gajah ditemukan sedang mengapung di tengah laut. Hewan besar itu diduga berenang sejauh 16 km dari pantai Sri Lanka.

Makhluk itu terlihat oleh kapal patroli angkatan laut, sedang mengapung dengan kepala terendam dan sepertinya berusaha mengangkat belalainya ke atas air agar bisa menghirup oksigen.

Seperti dikutip dari News.com.au, Jumat (14/7/2017), tim penyelam dan kapal angkatan laut kemudian dikirim ke lokasi dan menyelamatkan gajah itu. Mereka mengikat tubuh mamalia tersebut dengan tali, dan membimbingnya kembali ke pantai dengan menggunakan perahu.

Pejabat Departemen Margasatwa Sri Lanka juga dikirim untuk membantu menangani gajah tersebut. Mereka bergabung dengan Angkatan Laut untuk misi penyelamatan yang tidak biasa.

Butuh waktu 12 jam untuk mengangkut hewan jumbo tersebut dengan aman, lalu mengarahkannya kembali ke lahan kering. Si gajah kemudian dirawat oleh petugas satwa liar.

Menurut pejabat angkatan laut setempat, gajah tersebut kemungkinan terseret ke laut setelah tertangkap arus pantai di dekat Kota Kokkilai.

Seorang peneliti dari kelompok konservasi A Rocha, Avinash Krishnan, mengatakan kepada The Guardian bahwa gajah sebenarnya adalah perenang andal dan tak jarang mereka berenang untuk sampai ke daratan yang berbeda.

"Mereka perenang yang sangat baik. Tapi berenang sekitar 15 km dari pantai tak biasa bagi seekor gajah," katanya.

Krishnan mengatakan bahwa gajah sangat cepat lelah karena berenang membakar banyak energi mereka, jadi beruntung mamalia itu ditemukan setelah berada di air dalam waktu yang cukup lama.

Saksikan videonya berikut ini:

Tag Terkait