Sukses

Dalam 90 Menit, 4 Serangan Zat Asam Terjadi di London

Polisi Metropolitan London tengah memburu pelaku 4 serangan zat asam di London yang terjadi dalam rentang waktu 90 menit.

Liputan6.com, London - Empat serangan zat asam terjadi dalam waktu 90 menit di London Timur, Inggris. Kepolisian Metropolitan pun tengah memburu 2 orang pengendara sepeda motor yang diduga kuat sebagai pelakunya.

Anggota kepolisian Metropolitan mengatakan, serangan tersebut melibatkan substansi 'korosif' yang dilemparkan ke wajah para korban -- yang semuanya telah dilarikan ke rumah sakit.

Seorang juru bicara polisi metropolitan mengatakan, seseorang mengalami luka parah akibat tersiram zat asam tersebut.

Sejauh ini seperti dikutip dari News.com.au, Jumat (14/7/2017), belum ada penangkapan yang dilakukan.

Kronologi 4 Serangan Zat Asam London

Juru bicara Kepolisian Metropolitan mengatakan korban pertama adalah seorang pria berusia 32 tahun yang mengendarai sepeda motor. Dia terkena zat asam di wajah saat dua pria yang juga mengendarai kendaraan roda 2 menariknya di Hackney sekitar pukul 10.25 waktu setempat. Salah satu pengendara kemudian mencuri motor korban.

Polisi mengatakan luka-lukanya serius, namun sedang menunggu kabar terbaru mengenai kondisinya.

Serangan zat asam kedua terjadi sekitar 30 menit kemudian di Shorditch High Street. Dalam kasus ini, orang lain yang melemparkan ke wajahnya.

Polisi mengatakan, luka-luka itu tak terlalu membahayakan.

Sekitar 20 menit kemudian, zat asam dilemparkan saat terjadi perampokan di Cazenove Rd, Stoke Newington. Polisi mengatakan korban luka parah.

Kejadian keempat terjadi 20 menit kemudian, di Chatsworth Rd, Clapton. Pengendara motor lainnya diserang saat terjadi kemacetan. Korban telah dilarikan ke rumah sakit.

"Investigasi sedang berlangsung dan petugas dari Hackney saat ini mencoba melacak tersangka yang bersangkutan," jelas pihak kepolisian metropolitan melalui sebuah pernyataan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Serangan Pertama

London telah mengalami serentetan serangan zat asam dalam beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya dua saudari asal Australia mengalami luka bakar serius akibat terkena zat asam yang dilemparkan ke kelab malam Mangle di Dalston, London Timur. Insiden itu terjadi pada April.

Isobella Fraser, wanita 22 tahun yang berada di ibu kota Inggris saat mengunjungi adiknya Prue juga menjadi korban. Keduanya mengalami luka bakar parah meski tak di bagian wajah.

Sekitar 10 orang lain juga terluka dalam serangan tersebut.

Bulan Juni lalu, seorang wanita muda yang sedang merayakan ulang tahun ke 21 juga menjadi korban. Saat itu seorang pria melemparkan zat asam melalui jendela mobilnya yang terbuka.

Resham Khan menderita luka bakar parah pada wajahnya. Sementara sepupunya, Jameel Muhktar dirawat di rumah sakit dalam keadaan koma.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.