Begini Penampilan Teranyar Istri Kim Jong-un yang 'Misterius'

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 13 Jul 2017, 21:00 WIB
Ri Sol-ju (tengah baju putih) bersama dengan Kim Jong-un (KCNA)

Liputan6.com, Pyongyang - Untuk pertama kalinya sejak empat bulan terakhir, istri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un tampil di hadapan publik. Bersama sang suami, Ri Sol-ju menghadiri perayaan kenegaraan yang menandai kesuksesan terbaru uji coba program rudal Korut.

Pasangan paling berpengaruh di Korut itu menghadiri perayaan kenegaraan yang dihadiri oleh sejumlah pejabat dan perwira tinggi pada 9 Juli 2017, untuk merayakan keberhasilan uji coba rudal Korut yang ke-11 kalinya. Demikian seperti diwartakan HuffingtonPost.co.uk, Kamis (13/7/2017).

Di perhelatan itu, Ri Sol-ju berbalut blus biru muda, rambut panjangnya dibiarkan terurai, dan kulitnya tampak bercahaya. Ia duduk di samping sang suami, mengikuti setiap gerak-gerik Kim Jong-un.

Sebuah video yang merekam perhelatan itu, sekilas menunjukkan aktivitas yang dilakukan oleh Ri Sol-ju. Pada video tersebut, perempuan itu duduk di sebelah kanan sang suami, di hadapan sebuah meja yang dihiasi buah, bunga, serta sebuah miniatur replika misil.

Sementara itu, seperti dikutip dari Daily Mail, Ri juga terlihat mengenakan aksesori mahal dan membawa tas tangan karya desainer yang tak murah.

Ri Sol-ju (kiri) bersama Kim Jong-un (tengah) (KCNA)

Kemunculan perempuan nomor satu Korea Utara itu dinilai langka. Terakhir kali, batang hidung Ri Sol-ju tampak pada Maret lalu. Jeda waktu yang cukup lama antara Maret dan Juli itu, membuat banyak pihak berspekulasi bahwa perempuan tersebut baru saja menyelesaikan masa mengandung.

Jika spekulasi itu benar adanya, tahun ini menandai kelahiran anak Kim Jong-un dan Ri Sol-ju yang kedua.

Sebelumnya, pada 2013, mereka dikabarkan sudah memiliki seorang anak. Dan kabar 2013 itu "dikonfirmasi" oleh Denis Rodman --namun sulit untuk diverifikasi oleh pihak lain-- saat mantan pebasket Amerika Serikat tersebut berkunjung ke Pyongyang.

Pada 2016, media Korea Selatan Yonhap menghitung seberapa banyak Ri Sol-ju tampil di muka publik. Berdasarkan penghitungan, perempuan misterius itu muncul 18 kali pada 2012, 22 kali pada 2013, 15 kali pada 2014, tujuh kali selama 2015, dan tiga kali pada 2016.

Jamuan itu turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, ilmuwan, dan teknisi pertahanan, yang berkontribusi dalam uji coba rudal Korut untuk ke-11 kalinya, yang dilaksanakan pada 4 Juli lalu. Setelah jamuan itu, para hadirin menyambangi konser girl band, Moranbong Band.

Konser yang digelar pada 9 Juli 2017, dihadiri oleh sejumlah orang yang memakai seragam. Cuplikan dari konser tersebut memperlihatkan para hadirin bersorak dan bertepuk tangan untuk Kim.

Selain Moranbong Band, konser tersebut juga menghadirkan artis papan atas Korut, yakni Chongbong Band, State Merited Chorus, dan Wangjaesan Art Troupe.

Menurut kantor berita Yonhap, di konser itu Kim Jong-un duduk di sebelah Presiden Academy of National Defense Science, Jang Chang-ha. Ia dikabarkan telah dipromosikan dari kolonel menjadi jenderal menyusul dilakukannya uji coba.

Pekan lalu, media Pyongyang mengabarkan bahwa mereka sukses melakukan uji coba misil, yang disebut-sebut mampu mencapai Alaska.

Saksikan juga video berikut ini