Sukses

Rekaman Kepanikan Pengunjung Saat Mal di Rusia Terbakar Hebat

Seorang anak berada di antara 14 korban luka dalam insiden kebakaran mal di Rusia.

Liputan6.com, Moskow - Kebakaran terjadi di sebuah pusat perbelanjaan atau mal di timur laut Moskow pada Senin 10 Juli 2017 waktu setempat. Sumber dari Kementerian Darurat mengatakan kepada media Rusia bahwa 14 orang, termasuk seorang anak, dilaporkan terluka akibat insiden tersebut.

Seperti dikutip dari RT News, Selasa (11/7/2017), Kementerian Darurat mengatakan bahwa kebakaran di mal telah berhasil dilokalisasi dan tingkat ancaman telah berkurang dari level empat menjadi satu.

Bangunan tersebut saat ini sudah dilubangi agar asap akibat kebakaran bisa keluar, kata kementerian tersebut, seraya menambahkan bahwa 400 personel dan 188 kendaraan khusus sedang dikerahkan di lokasi tersebut.

"Dua belas orang telah dibawa ke rumah sakit, satu di antaranya adalah anak berusia tujuh tahun," kata sumber tersebut kepada media Rusia.

Wakil Direktur Research and Practical Center for Emergency Medical Care, Sergey Gumenyuk, juga menuturkan kepada RIA-Novosti bahwa 14 orang membutuhkan bantuan medis akibat kebakaran di Mal Rio.

Menurut Gumenyuk, sebagian besar dari mereka yang dirawat di rumah sakit didiagnosis dengan "keracunan gas pembakaran."

"Muncul asap hitam tebal karena produk tekstil terbakar. Sistem pembuangan asap mungkin tidak berfungsi di dalam gedung," kata sumber dari kementerian.

Melalui Twitter, Moscow Aviation Center menyebutkan bahwa dua korban kebakaran telah dievakuasi dengan helikopter ke N.V. Sklifosovsky Scientific Research Institute First Aid.

"Empat orang dilaporkan masih terjebak di Mal Rio. Tim penyelamat tengah berupaya mencapainya," jelas Ilya Denisov, kepala Direktorat Kementerian Darurat di Moskow, kepada TASS.

"Orang-orang berada di balik pintu yang tertutup rapat. Kami mencoba menggapainya. Petugas pemadam kebakaran merangkak di lantai, dilindungi dengan air dari selang kebakaran karena ada banyaknya asap dan suhu tinggi di dalam gedung," kata Denisov sambil menambahkan bahwa mereka yang terjebak tetap berhubungan melalui telepon seluler.

Sejauh ini menurut perkiraan awal layanan pers Kementerian Darurat mengatakan kepada Interfax bahwa kobaran api membakar area seluas sekitar 1.000 meter persegi.

Kementerian tersebut telah menyebutkan bahwa 'tingkat kesulitan' empat atas kebakaran tersebut adalah terburuk kedua di bawah standar Rusia.

"Lima puluh delapan unit pemadam kebakaran (lebih dari 180 personel) telah dikirim ke lokasi," imbuh Kementerian Darurat seraya menambahkan bahwa tim penyelamat saat ini tengah menyisir mal untuk mencari orang-orang yang mungkin masih terjebak.

Kementerian tersebut tidak merinci jumlah korban, namun membenarkan ada orang yang terluka. Evakuasi terhadap ratusan orang -- media lain menyebut ribuan -- yang berada di dalam mal pun dilakukan pihak berwenang.

Berikut ini rekaman video dahsyatnya kebakaran mal di Rusia tersebut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.