Sukses

Ini 5 Orang Paling Tajir di Rusia

Leonid Mikhelson berturut-turut menduduki posisi puncak daftar orang paling tajir di Rusia. Kekayaannya mencapai US$ 18,4 miliar.

Liputan6.com, Moskow - Rusia merupakan negara yang diselimuti misteri dan paradoks. Tak banyak yang tahu bagaimana persisnya perekonomian Negeri Beruang Merah ini.

Di satu sisi, banyak orang bertanya-tanya, mengapa Rusia sangat miskin. Namun, di sisi lain, muncul pertanyaan, mengapa warga Rusia "tajir melintir".

Seperti dikutip dari RBTH pada Senin (10/7/2017), Rusia kaya dengan sumber daya alam. Faktanya, Rusia merupakan negara dengan cadangan gas alam terbesar di dunia.

OPEC mengestimasi seperempat cadangan gas alam dunia berada di Rusia. Berdasarkan data British Petroleum, negara itu juga menduduki posisi kelima terbesar untuk cadangan minyak.

Menurut Kementerian Pembangunan Ekonomi Rusia, pada 2015 lalu produksi bahan bakar minyak dan energi Rusia mencapai 63 persen dari total ekspor negara. Sementara, 43 persen pemasukan negara berasal dari hasil perdagangan minyak.

Dengan fakta tersebut, tak mengherankan jika deretan orang kaya Rusia adalah mereka yang berkecimpung di sektor minyak dan gas alam. Seperti dirilis Forbes dan dilansir RBTH, berikut lima orang paling tajir di Rusia:

1. Leonid Mikhelson (US$ 18,4 miliar)

Secara berturut-turut, puncak daftar orang terkaya Rusia dihuni oleh Leonid Mikhelson, salah satu pemilik perusahaan gas swasta terbesar di Negeri Beruang Merah, Novatek. Ia juga pemilik ekuitas di perusahaan petrokimia terbesar, Sibur. Kekayaannya tahun ini meningkat US$ 4 miliar dibanding tahun lalu.

Luasnya jaringan Leonid Mikhelson di antara orang-orang yang berpengaruh di sektor gas didapatkan dari ayahnya, Viktor Mikhelson, yang pernah menjabat sebagai kepala pembangunan utama pipa gas pada masa Uni Soviet.

2. Alexei Mordashov (US$ 17,5 miliar)

Mordashov merupakan pemilik raksasa baja dan minyak Rusia Severtstal. Ia juga pemegang saham di perusahaan layanan wisata Jerman TUI Group.

Kekayaan pribadinya bertambah US$ 6,6 miliar dibanding tahun lalu, atau dengan kata lain meningkat lebih dari 60 persen.

3. Vladimir Lisin (US$ 16,1 miliar)

Di peringkat ketiga ada Vladimir Lisin, yang memiliki Novolipetsk Steel, salah satu perusahaan baja terbesar di Rusia. Seiring kesuksesan bisnisnya, kekayaan Lisin meningkat 6,8 miliar dibanding tahun lalu.

Itu merupakan jumlah peningkatan tertinggi di daftar orang-orang terkaya di Rusia versi Forbes tahun ini.

4. Gennady Timchenko (US$ 16 miliar)

Meski AS menjatuhkan sanksi atas bisnisnya, kekayaan Timchenko bertambah US$ 4,6 miliar dari tahun lalu menjadi US$ 16 miliar tahun ini.

Timchenko adalah pemilik Volga, grup investasi swasta dengan ekuitas di Novatek (produsen gas alam), Sibur (perusahaan pengolah gas dan petrokimia), Stroytransgaz (perusahaan konstruksi minyak dan gas), Transoil (operator kereta) serta sejumlah bisnis lainnya.

5. Alisher Usmanov (US$ 15,2 miliar)

Meski kekayaannya bertambah sebesar US$ 2,7 miliar tahun lalu menjadi US$ 15,2 miliar saat ini, posisi taipan Alisher Usmanov turun dari peringkat tiga tahun lalu ke peringkat lima.

Usmanov memiliki bisnis yang sangat terdiversifikasi di Rusia. Perusahaannya, USM Holdings, berinvestasi di Metalloinvest dan Baikal Mining (spesialis pertambangan dan metalurgi), Megafon (operator jaringan seluler), Kommersant (media), klub sepak bola Arsenal FC, dan beberapa lainnya.

 

Simak video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.