Sukses

Berminat Bekerja di Rusia? Cek 7 Hal Berikut Ini

Jika Anda ingin bergabung dengan industri pekerjaan di Rusia, cek beberapa hal berikut ini.

Liputan6.com, Moskow - Pertumbuhan ekonomi Rusia memberikan banyak peluang dan posisi yang menguntungkan untuk para pebisnis ambisius. Oleh sebab itu, Negeri Beruang Merah itu patut menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang akan 'hijrah 'ke negara lain. 

Sejauh ini tak ada statistik resmi (yang terpercaya) mengenai seberapa banyak orang asing yang tinggal dan kerja di Rusia.

Kendati demikian melihat jumlah perusahaan asing serta restoran dan pub berorientasi ekspatriat di Moskow yang jumlahnya tentu saja tak sedikit, bisa jadi gambaran bagaimana kehidupan di sana.

Jika Anda ingin bergabung dengan industri pekerjaan di Rusia, berikut ini 7 hal yang perlu diperhatikan seperti dikutip dari RBTH Indonesia, Kamis (6/7/2017):

1. Bidang Pekerjaan

Pekerjaan untuk ekspatriat cenderung di bidang yang membutuhkan kecakapan tinggi dan berada di level manajemen senior.

Di Rusia, ada permintaan yang cukup banyak untuk profesional asing di sektor konstruksi, teknologi informasi, mesin, transportasi, dan akademi atau pengajaran.

Selain itu, ada juga kesempatan untuk bekerja di organisasi kemanusiaan, misi-misi diplomatik, dan perusahaan internasional yang telah mendirikan cabang di Rusia. Namun mendapatkan pekerjaan di cabang mungkin akan sulit karena perekrutan biasanya dipenuhi oleh kandidat lokal atau orang-orang dalam.

Kesempatan lain di antaranya penerjemah lepas, mengajar bahasa Inggris, dan bekerja sebagai pengasuh. Berikut beberapa situs web yang membuat banyak pekerjaan Rusia dalam bahasa Inggris: Headhunter, XpatJobs, InJob.

 

 

Saksikan video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Izin Kerja dan Fasih Bahasa Rusia

2. Izin Kerja

Mempekerjakan orang asing diatur secara ketat oleh pemerintah, jadi tentu Anda membutuhkan izin untuk dapat bekerja di Rusia.

Pengecualian untuk warga negara asing dengan izin tinggal sementara atau permanen, pelajar, staf akademis, jurnalis berakreditasi, diplomat, dan pegawai beberapa organisasi kemanusiaan.

Warga negara anggota Uni Ekonomi Eurasia juga bebas untuk tinggal dan bekerja di Rusia.

Untuk mendapatkan izin kerja standar, perusahaan harus memiliki izin resmi yang memperbolehkannya untuk mempekerjakan orang asing. Perusahaan tersebut dapat mendaftarkan izin kerja Anda setelah menandatangani kontrak.

Lalu Anda harus mengumpulkan beberapa dokumen penting, termasuk ijazah pendidikan atau profesional yang telah diterjemahkan dan disertifikasi.

Jika berhasil, perusahaan akan mengirimi Anda surat undangan visa, yang dapat digunakan untuk mendapatkan visa. Anda dapat mengambil izin kerja dari perusahaan setelah Anda pindah ke Rusia.

3. Haruskah fasih berbahasa Rusia?

Kemampuan berbahasa Rusia akan sangat membantu Anda -- tidak hanya untuk berinteraksi dengan orang-orang di sana, tapi juga dalam mencari pekerjaan.

Kesempatan mendapatkan pekerjaan Anda akan lebih besar bila mampu berbahasa Rusia dan berkualifikasi tinggi. Plus, mayoritas orang di Moskow dan di seluruh negara juga berbahasa Rusia, sehingga akan lebih mudah bila Anda menguasai bahasanya.

Jika Anda ingin belajar bahasa Rusia, ada banyak sekolah bahasa di sana yang dapat Anda pilih, atau Anda dapat belajar dasar-dasarnya sebelum berangkat melalui kursus online atau di negara Anda.

3 dari 4 halaman

Jam Kerja dan Keuntungan

4. Waktu Kerja di Rusia?

Seperti di banyak negara, waktu kerja di Rusia biasanya Senin sampai Jumat dengan rata-rata 40 jam. Setiap perusahaan mungkin memiliki peraturan tersendiri, namun biasanya antara pukul 09.00 hingga 18.00 atau 10.00 sampai 19.00.

5. Keuntungan yang Didapat

Anda akan mendapat 28 hari cuti berbayar dan mungkin asuransi kesehatan serta uang transportasi dan pulsa. Perusahaan juga dapat membantu mencarikan akomodasi, kelas bahasa, serta berbagai hal lainnya untuk tinggal di kota.

4 dari 4 halaman

Biaya Hidup dan Komunitas

6. Biaya Hidup di Rusia

Moskow bukan lagi kota termahal di Eropa. Tahun lalu, ia masuk ke peringkat 20 besar, tepatnya di peringkat 14, menurut Survei Biaya Hidup Mercer.

Itu semua, tentu saja, tergantung kebutuhan Anda, namun kehidupan di ibu kota Rusia mungkin akan murah bila Anda mampu beradaptasi dengan gaya hidup lokal. Akomodasi mungkin mahal, namun biaya makan, transportasi, dan hiburan bisa lebih murah.

Cek daftar biaya yang harus dikeluarkan dengan situs Expatistan.

7. Adakah komunitas ekspatriat di Moskow?

Jangan khawatir kesepian. Di Moskow ada komunitas ekspatriat yang bisa menjadi tempat berkumpul bagi Anda.

Selama dua dekade terakhir, ada kemunculan sebuah industri yang benar-benar baru untuk para ekspatriat. Di kota-kota sibuk seperti Moskow dan Saint Petersburg, di mana mayoritas orang asing tinggal, ada banyak kafe, restoran, dan klub yang menyesuaikan kebutuhan dan selera mereka.

Papa's Place di Jalan Nikolskaya, Hudson Bar di Belorusskaya, Standard di Kitai-Gorod, dan Bud House di Pushkinskaya hanya sedikit dari banyak tempat di mana komunitas ekspatriat berbahasa Inggris berkumpul.

Cek InterNations, komunitas Moscow Expats di Facebook, dan Couchsurfing untuk pertemuan-pertemuan dan acara-acara di Moskow. Memiliki kawan sesama ekspatriat dapat memberi Anda informasi dalam mengenai perusahaan terbaik, kesempatan membangun hubungan, serta tips berbisnis di Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.