Sukses

Hebat, Ibu 4 Anak Ini Membaca 117 Buku dalam 6 Bulan

Ibu asal Australia dipilih menjadi anggota Dewan Buku Anak Australia (CBCA) setelah berhasil membaca 117 buku dalam waktu enam bulan.

Liputan6.com, Canberra - Buku adalah jendela dunia, begitulah pepatah yang sering kita dengar. Membaca memang menjadi rutinitas wajib bagi sebagian orang.

Ada orang yang satu buku dalam satu bulan atau bisa jadi beberapa buku dalam kurun waktu tertentu.

Namun, apa yang dilakukan ibu asal Australia ini membuat banyak orang kagum. Sebab, ia berhasil membaca 117 buku dalam kurun waktu enam bulan.

Dikutip dari laman ABC.net.au, Selasa (4/7/2017), perempuan yang bernama Di Elson ini membuat kagum banyak orang karena dapat membaca ratusan buku di sela-sela kewajibannya sebagai seorang ibu empat anak. Ditambah lagi ia juga melakukan pekerjaan paruh waktu.

Elson berhasil menjadi satu dari tiga orang penguji yang dipilih oleh Dewan Buku Anak Australia (CBCA) untuk menilai dan memberi kritik terhadap beberapa buku yang segmentasinya ditujukan kepada anak berusia tujuh hingga 13 tahun.

Tak seperti anggota CBCA lainnya, Elson adalah satu-satunya penguji yang tak memiliki latar pendidikan formal. Terlebih banyak anggota yang bekerja di CBCA selalu memiliki pendidikan sastra.

"Saya adalah penguji yang tak biasa, itu adalah kata yang tepat untuk menggambarkan diri saya," ujar Elson.

"Saya bukanlah seorang pustakawan, saya juga bukan penjual buku, dan saya bukan pula seorang penerbit. Namun, saya adalah ibu dari empat orang anak yang juga hobi membaca," tambahnya.

Bagi Elson, membaca 117 buah buku dalam kurun waktu enam bulan seperti proses mengembara. Terutama ketika ia dituntut untuk menjalankan tugas sebagai orangtua.

"Saya pernah menyiapkan sebuah meja makan di rumah dan meletakkan tumpukan buku yang berserakan. Di sana saya melarang siapapun untuk memindahkannya," ujar Elson.

Setelah dipilih menjadi salah satu penguji di CBCA, ia mendapat kiriman sekitar 30 buku untuk dibaca dan dikritik.

"Karena saya harus mengembalikan buku dan menulis laporan dalam kurun waktu yang telah ditentukan maka saya harus membaca tujuh buku dalam satu hari," ujar Elson.

Elson harus mengkritik satu buku dan menulis laporannya setiap selesai membaca.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.