Sukses

ISIS Retas Laman Gubernur Ohio yang Anti-Donald Trump?

Situs resmi Gubernur Ohio John Kasich diretas grup yang menamakan dirinya Team System DZ. Tak jelas apakah benar mereka berafiliasi ISIS.

Liputan6.com, Ohio - Laman Gubernur Ohio, John Kasich diretas pada Minggu 25 Juni 2017. Tampilannya berisi propaganda dukungan terhadap ISIS.

Pengunjung governor.ohio.gov disambut dengan laman berlatar belakang hitam dan tulisan dalam bahasa Arab. Sementara, background suara terdengar panggilan adzan.

"Anda akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang telah diperbuat oleh Trump," tulis teks di laman milik Gubernur Kasich.

"Anda dan sekalian orang-orang Anda harus bertanggung jawab tiap tetes darah di negara-negara muslim," lanjut teks tersebut seperti dikutip dari CNN, pada Senin (26/6/2017).

"Saya cinta ISIS," tulis retasan di laman tersebut.

Sebuah grup yang menyebut dirinya Team System DZ, tengah menyerang sejumlah situs milik pemerintah Ohio.

Tak hanya itu, istri gubernur Kasich, first lady Ohio, Karen Kasich dan Lembaga Pemasyarakatan Ohio juga mengalami nasib serupa.

Di bawah laman-laman tersebut, tertera tulisan, 'diretas oleh Team System DZ'.

Tak jelas siapa grup itu atau apakah memiliki hubungan dengan ISIS.

Staf gubernur Kasich menyadari peretasan tersebut dan kini tengah memperbaiki masalah itu.

"Seluruh server yang terinfeksi sudah kami offline-kan, dan kami tengah menginvestigasi bagaimana peretas memporak-porandakan situs tersebut," kata juru bicara Kantor Pemerintahan Ohio, Tom Hoyt.

"Tim IT kami tengah membereskan masalah ini dan kami tengah bekerja sama dengan pihak keamanan atas apa yang menimpa situs itu," lanjut Hoyt.

Pihak FBI Ohio tak berkomentar siapa kelompok Team System DZ. Namun, menurut USA Today yang mengutip laman Zone-H, kelompok itu mendeskripsikan dirinya sebagai 'remaja anti-Israel Arab'.

Laman Zone-H adalah sebuah situs yang dibangun pada 2002 dengan tujuan mendokumentasikan para hackers dan perbuatannya.

Team System DZ pernah meretas laman resmi pemerintah Isle of Wight County di Virginia pada Januari 2015.

Peretasan dilakukan sehari setelah Wakil Presiden Joe Biden dan Menteri Energi Ernest Moniz mengunjungi Norfolk State University di Isle of Wight County untuk berdiskusi tentang karier di keamanan siber.

Sementara itu, Kasich politikus partai Republik juga tak berkomentar tentang diretasnya laman resmi gubernur juga milik istrinya. Kasich yang sempat jadi salah satu kandidat capres AS pada pilpres 2016 lalu, dikenal sebagai salah seorang anggota partai berlambang gajah yang anti dengan kebijakan Donald Trump, bahkan semenjak dari kampanye miliarder nyentrik itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.