Sukses

Menengok Workshop Batik Sekar Wangi di Senegal

Pria ini mengembangkan pembuatan batik dengan ragam dan corak terinspirasi dari Batik Jawa dan Bali di Senegal, Afrika.

Liputan6.com, Dakar - ​​Batik yang telah diakui dunia sebagai warisan budaya intangible heritage ternyata tak hanya ada di Indonesia saja. Beberapa negara lain juga memiliki batik, salah satunya adalah di Afrika, Senegal.

Masyarakat Indonesia di Tanah Air mungkin tidak banyak yang tahu bahwa di Senegal ada workshop batik bernama "Sekar Wangi" yang didirikan pada tahun 1994, oleh seorang seniman bernama Abdoulaye Seck.

Seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Kamis (22/6/2017), nama Sekar Wangi diberikan oleh mantan Duta Besar RI untuk Senegal pada waktu itu, Utoyo Yamtomo. Ketika itu, Pak Dubes bersama dengan para anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI Dakar berkunjung ke workshop Abdoulaye Seck dan memberikan sejumlah bantuan peralatan membatik seperti canting dan cap.

Sejak saat itu, Abdoulaye Seck yang pernah berkunjung ke Yogyakarta mulai mengembangkan pembuatan batik di Afrika dengan ragam dan corak terinspirasi dari Batik Jawa dan Bali.

Tidak jauh berbeda dengan batik Indonesia, proses pembuatan batik di workshop Abdoulaye Seck pun hampir mirip, yaitu dengan penggunaan lapisan warna. Meski sekilas terlihat mirip, dari segi motif tentu sangat berbeda.

Yang menarik adalah bahan dasar dari pewarna Batik diekstrak dari pohon atau tanaman, dengan maksud untuk mendapatkan warna "indigo". Bahan pewarna dari tanaman dipilih supaya tidak membahayakan bagi si pembatik ketika melakukan proses pembatikan.

Sebagai pengganti lilin, Abdoulaye Seck menggunakan pasta pati singkong atau ubi kayu yang harganya lebih murah untuk menahan warna dan motif Batik.

Di workshopnya, Abdolaye Seck dibantu oleh keponakannya seorang gadis muda bernama Ndeye Ngone Diop. Terinspirasi dari sang paman, Ndeye mengembangkan bakat membatiknya secara otodidak.

Gaya membatik dan melukis Ndeye pun sangat unik, yaitu motif batik dan lukisan yang mengilustrasikan makhluk halus yang tinggal bersama manusia. Karya-karyanya sering dipamerkan di Prancis dan Jerman, karena di negara tersebutlah banyak dijumpai pencinta seni mistik Afrika.

Dubes RI untuk Senegal, Mansyur Pangeran menyampaikan kekagumannya atas ragam, corak, dan warna-warni motif batik yang dituangkan di atas kain bazine dan kanvas. Ketika ia berkunjung secara khusus ke workshop Abdoulaye Seck.

Lebih jauh, Dubes Mansyur mengatakan bahwa ia akan berupaya untuk menjalin kemitraan antara workshop Abdoulaye Seck dengan para pengrajin Batik dari Indonesia. Dubes Mansyur juga mengundang pria itu untuk melakukan eksposisi di KBRI Dakar, dengan menghadirkan para tamu dari Perwakilan Asing di Senegal.

Butuh Bantuan RI

Saat ini workshop Abdoulaye Seck sangat membutuhkan dukungan peralatan membatik berupa canting dan cap. Alat canting yang pernah diberikan oleh anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI Dakar telah rusak, sebagai penggantinya digunakan kuas cat air.

Kepada Dubes Mansyur, Abdoulaye Seck mengatakan bahwa hasil membatik akan tampak jauh lebih indah jika menggunakan canting, karena cucuk atau carat pada canting memiliki fungsi sebagai mata pena.

Untuk jenis Batik Cap, saat ini Abdoulaye Seck menggunakan cap batik kayu. Namun, warna kain dengan cap jenis ini tidak akan tahan lama, dibandingkan dengan cap batik tembaga atau kuningan.

Abdoulaye Seck berharap Dubes Mansyur dapat menyediakan cap batik tembaga atau kuningan, karena motif yang dihasilkan akan lebih akurat dan tahan lama. Dalam proses pembatikan pun, cap batik tembaga atau kuningan dapat digunakan secara berulang-ulang dalam waktu yang singkat, sementara cap yang dibuat dari kayu tidak tahan panas dan harus menunggu.

Dalam kaitan ini, Dubes Mansyur menyampaikan bahwa ia akan berupaya untuk menyediakan peralatan membatik yang diperlukan bagi workshop Abdoulaye Seck. Tentunya dengan melibatkan peran aktif Dharma Wanita Persatuan KBRI Dakar.

Meskipun karya Batik Tulis tidak begitu diminati di Senegal karena harganya yang cukup mahal, sebaliknya karya Abdoulaye Seck sangat diminati di Eropa terutama di Prancis. Di Saint-Louis, salah satu provinsi di Senegal, Abdoulaye Seck bahkan membuka kursus membatik bagi kaum perempuan setempat yang hasilnya dijual langsung ke Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.