40 Tahun Berpisah, Wanita Ini Temukan Sang Ayah Lewat Facebook

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 19 Jun 2017, 16:02 WIB
Pertemuan pertama kali antara Al Annunziata dan Jyll Justanmond pada tanggal 11 Juni 2017 (AP)

Liputan6.com, Littleton - Bisa dibilang tahun ini menjadi peringatan Hari Ayah terbaik bagi Al Annunziata. Pasalnya, pria berusia 63 tahun tersebut dapat berjumpa dengan sang anak perempuan yang telah terpisah lebih dari 40 tahun lamanya.

Dikutip dari laman Indian Express, Senin (19/6/2017) menjadi momen yang mengharukan bagi Annunziata dan Jyll Justanmond. Sebab, keduanya dapat bertemu usai sang anak mencari tahu keberadaan ayah kandungnya lewat Facebook.

"Saya tak akan membiarkannya pergi. Dia adalah anak perempuan saya yang paling cantik," ujar Annunziata.

Cerita bermula ketika Justamond yang berasal dari Littleton, Colorado, Amerika Serikat, berupaya mencari sang ayah melalui akun Facebook-nya. Upaya itu ia lakukan pada 3 April 2017.

Justamond mulai mencari ayah kandungnya selama bertahun-tahun setelah mengetahui bahwa orang yang selama ini membesarkannya adalah kakek dan neneknya. Sementara itu, perempuan yang selama ini ia kenal sebagai saudara perempuan adalah ibu kandungnya.

"Ibu kandung saya melahirkan ketika berusia 18 tahun. Karena ia merasa tak mampu dan cukup dewasa, ibu kandung saya memutuskan untuk tak merawat saya," ujar Justamond.

"Kemudian ibu saya meminta bantuan kepada ayah dan ibu tirinya untuk membesarkan saya. Ketika berusia 10 tahun saya baru mengetahui bahwa keduanya bukanlah orang tua kandung saya," tambahnya.

Justamond mengatakan, ia mendekati sang ibu yang bernama Linda untuk bertanya seputar ayah kandungnya.

"Ibu saya mengatakan bahwa ayah saya bernama Al Annunziata seorang pria asal Italia yang bekerja di sebuah bar bernama Neary's di tahun 1970-an.

Pada April 2017, Justmond menulis sebuah pesan di grup Facebook komunitas Palisades Park. Wilayah Palisades Park adalah tempat di mana Neary's bar pernah berdiri. Namun sayangnya bar itu tak terlihat lagi.

Berkat pesan yang ia sebarkan melalui jejaring sosial, Justmond diminta untuk menemui pemilik bar tersebut yang mengatakan bahwa ia tahu siapa sosok pria yang selama ini ia cari.

"Saya berkata, saya tahu ini gila. Tetapi kenalkah Anda dengan seorang pria bernama Al yang bekerja untuk Anda pada tahun 1979 atau 1977," tanya Justamond.

"Kemudian pria itu ia berkata, Oh maksudmu Al Annunziata," tambah Justamond.

Setelah mendapatkan informasi, ia segera melacak akun milik ayahnya. Setelah itu mulai bertukar pesan melalui Facebook pada tanggal 24 April 2017.

Setelah bertemu keduanya melakukan tes DNA untuk mengetahui kebenarannya. Hasilnya 99,99% yang menyatakan bahwa Annunziata adalah ayah biologis dari Justamond.

Kini keduanya telah bertemu. Annunziata mengatakan bahwa ia dan anak perempuannya memiliki banyak kesamaan. Duo ayah-anak ini berencana untuk menghabiskan Natal bersama di Las Vegas.