Sukses

Masjid 'Maria, Bunda Isa' Simbol Toleransi di Uni Emirat Arab

Masjid Shaikh Mohammad Bin Zayed di Abu Dhabi berubah nama menjadi 'Mariam, Umm Eisa' atau 'Maria, Bunda Isa'.

Liputan6.com, Abu Dhabi - Awalnya rumah ibadah yang terletak di Distrik Al Mushrif, Abu Dhabi bernama Masjid Shaikh Mohammad Bin Zayed.

Namun, sejak Rabu, 14 Juni 2017, bertepatan dengan hari ke-19 Ramadan, namanya berubah menjadi Mariam, Umm Eisa -- Masjid Maria, Bunda Isa. Dalam ajaran Nasrani, Isa adalah Yesus.

Perubahan nama tersebut dilakukan atas permintaan Putra Mahkota Abu Dhabi sekaligus Deputi Komandan Angkatan Militer Uni Emirat Arab, Shaikh Mohammad Bin Zayed Al Nahyan.

Seperti dikutip dari Gulf News, Jumat (16/6/2017), ada tujuan mulia di balik pergantian nama tersebut, yakni untuk mengeratkan hubungan kemanusiaan antar-pemeluk agama. 

"Inisiatif tersebut memberi teladan yang mencerahkan, sekaligus mencerminkan keindahan toleransi, di mana antar-umat beragama hidup saling berdampingan di Uni Emirat Arab," kata Menteri Toleransi UEA, Shaikha Lubna Al Qasim.

Mohammad Mattar Al Kaabi, Kepala Badan Urusan Islam dan Wakaf juga menyambut baik inisiatif itu. Ia mengatakan, sejak era kekuasaan Emir Zayed Bin Sultan Al Nahyan, toleransi terus terjaga. 

Para pemeluk keyakinan yang berbeda-beda pun hidup rukun dan damai. "Ini didasarkan pada keadilan dan persaudaraan di antara semua orang yang tinggal di Uni Emirat Arab," kata Al Kaabi.

Masjid Mariam, Umm Eisa hanya berjarak beberapa langkah dari Gereja Anglikan St Andrews.  

Pendeta senior gereja tersebut, Andrew Thompson menyambut baik upaya untuk memupuk toleransi tersebut. 

 

"Kita merayakan persamaan yang ada di antara dua keyakinan," kata Thompson.

 

"Maria, Bunda Yesus, adalah sosok suci, yang istimewa. Ia adalah simbol ketaatan pada Tuhan. 

Thompson berharap, kesepahaman antar-umat beragama di Uni Emirat Arab, khususnya Muslim dan Kristen kian meningkat. 

Di tengah konflik sektarian dan konflik di level regional, bahkan dunia, Uni Emirat Arab berupaya meningkatkan toleransi terhadap pemeluk agama lain.

"Kami merasa tergugah dan merasa diberkati menjadi bagian dari bangsa ini," kata pendeta senior Gereja Komunitas Evangelical, Jeramie Rinne.

Pemimpin Katolik, Uskup Paul Hinder, sekaligus kepala Vikariat Apostolik di Arabia Selatan juga menyambut baik pergantian nama tersebut.

"Putra mahkota akan memberi kontribusi pada perdamaian dan saling pengertian, tidak hanya di negara ini, tapi juga di seluruh wilayah regional."

Gencar Promosikan Toleransi

Menteri Toleransi UEA Lubna al-Qasimi (foto:AFP)

Uni Emirat baru berusia 45 tahun. Belakangan angin perubahan berembus di negara yang berdiri sejak 1972 itu.

Negara federasi yang terdiri atas tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi -- Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain -- kian gencar mempromosikan keberagaman dan toleransi.

Mereka yang menentang kebijakan itu, menghadapi risiko penangkapan bahkan penahanan.

Sejak Februari 2016, Pemerintah Uni Emirat Arab membentuk Kementerian Toleransi. Shaikha Lubna Al Qasim menjadi menterinya.

"Pada 2016 kami membuka Kementerian Toleransi disamping Kementerian Kebahagiaan yang sudah ada terlebih dulu. Tujuannya adalah mempromosikan toleransi sebagai nilai dasar hidup bermasyarakat di Uni Emirat Arab," jelas Pemimpin Dubai, Shaikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum seperti dikutip dari Newsweek. 

Program Toleransi Nasional yang digalakkan didasarkan atas tujuh pilar: Islam, konstitusi, warisan Zayed dan etika Uni Emirat Arab, konvensi internasional, arkeologi dan sejarah, kemanusiaan, dan nilai-nilai bersama.

Selain Muslim, umat beragama lain juga berpartisipasi dalam mempromosikan toleransi.

Misalnya, pada pekan lalu, sebuah gereja di Al Ain membuka pintunya untuk umat Islam yang tak punya tempat untuk salat Magrib.

Para pengelola gereja menggelar karpet di lantai kayu agar lebih dari 200 Muslim dari Asia bisa melaksanakan ibadah salat.

Setelah mendengar kabar tersebut, beberapa pejabat senior Emirat mendatangi gereja itu, untuk menyampaikan penghargaan.

"Ini adalah kali pertama, setidaknya di UEA, sebuah gereja membuka pintunya untuk menjadi tempat salat umat Muslim," kata Bobin Skariya, pekerja di Katedral Simhasana Ortodoks St. George Jacobite Suriah.

Tahun ini, World Happiness Report menempatkan Uni Emirat Arab di atas Brasil, Prancis, dan Spanyol dalam hal kebahagiaan.

UEA adalah negara Arab dengan peringkat tertinggi, meski masih ada di belakang Israel.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.