Sukses

10 Senjata Mengerikan Nazi, Agar Hilter Menguasai Dunia

Sejumlah senjata menakutkan telah berhasil diciptakan dan memberikan dampak besar kepada pihak lawan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang akhir Perang Dunia II, pihak Nazi mulai melakukan berbagai eksperimen untuk membangun senjata-senjata pamungkas, mulai dari tank raksasa, hingga pesawat jet pembom.

Bukan rahasia lagi bahwa Hitler memang berniat menguasai seluruh dunia, sehingga apapun dilakukan agar Nazi Jerman bisa mencapai tujuan tersebut.

Dikutip dari wonderslist.com pada Rabu (7/6/2017), sejumlah senjata itu berhasil diciptakan dan memberikan dampak besar kepada pihak lawan. Untungnya, sebagian lagi belum sempat tercipta hingga perang usai.

Berikut ini adalah 10 senjata super gagasan Nazi Jerman yang sebagian teknologinya masih dipakai hingga sekarang:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Horten Ho 229

(Sumber Wikia)

Pesawat jet pembom merupakan hal yang lazim di masa kini, tapi siapa sangka bahwa pihak Nazi merupakan yang pertama kalinya memiliki gagasan pesawat sejenis itu.

Horten Ho 229 adalah salah satu senjata super Nazi yang paling mengagumkan, bahkan menjadi salah satu yang kasat radar. Pesawat itu mampu membawa 1.000 kilogram bom dengan kecepatan hingga 977 kilometer/jam, tapi bermasalah dengan konsumsi bahan bakar.

Hitler sudah memerintahkan produksi masal pesawat itu, tapi tidak banyak yang berhasil dibuat karena berbagai alasan. Ada beberapa purwarupa yang bertahan hingga sekarang, sedangkan sisanya dimusnahkan atau disita musuh.

3 dari 11 halaman

2. Landkreuzer P.1000 Ratte

(Sumber Agis Neugebauer)

Angkatan Darat Jerman terkenal dengan kekuatan hebat tank mereka. Tidak mengejutkan ketika mereka kemudian merancang tank terbesar dan terkuat di dunia, yaitu Landkreuzer P.1000 Ratte.

Rencananya, tank itu memiliki panjang 44 meter dengan tinggi setara gedung 4 lantai. Dengan bobot 1000 ton metrik, tank itu lebih berat daripada tank manapun sedunia.

Rancangannya disetujui oleh Edward Grottein, seorang direktur Krupp, pada 1942. Tapi, tank itu tidak praktis untuk dibuat dan rencana itu kemudian dibatalkan.

Lagipula, tank seberat itu tidak ada gunanya secara militer, tidak nyaman, dan mudah ketahuan musuh dari kejauhan. Seandainya jadi dibuat, maka Landkreuzer P.1000 Ratte bisa menjadi senjata super Nazi yang paling terkenal.

4 dari 11 halaman

3. Schwerer Gustav

(Sumber Wikimedia Commons/Zandcee via Creative Commons)

Meriam Schwerer Gustav adalah suatu meriam terbesar yang pernah dibuat dalam sejarah manusia, dengan berat sekitar 1.350 ton. Meriam itu bisa menembakkan peluru berukuran 800 mm seberat 7 ton.

Sistem persenjataan itu harus ditangani oleh 250 orang. Karena beratnya, maka meriam itu diangkut menggunakan angkutan rel kereta. Tapi ukuran itu terlalu besar sehingga dapat menjadi sasaran empuk pesawat pembom musuh.

Walaupun demikian, pihak Nazi sempat membuat meriam itu dan menggunakannya dalam pengepungan Sevastopol dan Stalingrad. Meriam itu sempat memuntahkan 40 peluru, tapi kemudian direbut dan dihancurkan oleh pihak Sekutu.

5 dari 11 halaman

4. Meriam Super V3

(Sumber Wikimedia Commons/Bundesarchiv)

Gagasan pembuatan senjata itu datang bersamaan dengan misi untuk menghancurkan kota London, setelah pembuatan roket V2 dan rudal V1 yang juga dibuat untuk tujuan yang sama namun gagal.

Meriam V3 termasuk senjata paling mematikan buatan Nazi dan tiap jamnya mampu menembak 300 peluru panjang berukuran 2,7 meter dengan jangkauan 165 kilometer.

Meriam itu dibangun dan kemudian diarahkan ke London, tapi beberapa bagian pentingnya telah terlebih dahulu dihancurkan oleh pesawat-pesawat pembom Inggris sebelum sempat beraksi.

6 dari 11 halaman

5. Bom Berpandu Anti Kapal Fritz X

(Sumber Wikimedia Commons/US Air Force untuk ranah publik)

Bom itu dirancang pada 1943 untuk menghajar kapal-kapal Sekutu di Laut Tengah dan bom itu sekaran dipakai oleh militer di seluruh dunia. Bom itu dirancang sebagai bom pintar yang dapat dikendalikan dari jauh setelah diluncurkan dan bisa mengubah lintasan penerbangan sesuai perintah.

Dengan demikian, bom itu semakin tepat dan sangat mengurangi kehancuran tak perlu (collateral damage). Pada masanya, para lawan Nazi gentar melihat peluru yang bisa beganti arah selagi terbang dan menciptakan kerusakan luar biasa.

Ketika itu, bom dikendalikan menggunakan sistem kendali radio dengan tongkat joystick. Teknologi itu merupakan hal baru pada masanya dan membuat panik pihak lawan.

7 dari 11 halaman

6. U-Boat dengan Roket

Untuk menyerang pihak Amerika, pihak Nazi menggagas beberapa rencana, tapi tidak ada yang berhasil. Walaupun demikian, ada satu rencana yang menonjol, yaitu U-boat roket, suatu kapal selam yang dilengkapi peluncur roket.

Tapi kendaraan itu tidak dibuat secara baik dan tidak bagus dalam melakukan navigasi laut. Roket V2 yang dibawanya ternyata terlalu berat bagi kapal selam tersebut.

Pihak Nazi sudah memulai pembuatan U-boat yang dikenal sebagai jenis XXI, tapi tidak bisa menyelesaikannya sebelum perang selesai.

8 dari 11 halaman

7. Panzer VIII Maus

(Sumber Wikimedia Commons/Kubinka Tank Museum untuk ranah publik)

Salah satu senjata super yang dibangun Nazi adalah kendaraan lapis baja Maus yang dirancang oleh Ferdinand Porsche. Perancang itu belakangan merancang mobil sport terkenal seusai perang.

Kendaraan itu berbobot sekitar 145 ton sehingga sulit dibawa melintasi jembatan atau perjalanan jauh sehingga dirancang agar bisa melintasi sungai walaupun hanya hingga kedalaman 13,5 meter.

Karena rancangannya tidak praktis, proyek pembuatannya dihentikan. Purwarupa yang belum lengkap pun diambil dan dihancurkan oleh pihak lawan.

9 dari 11 halaman

8. Kapal Selam U-boat Jenis XXI

U-2511 Bergan, salah satu U-boat Jenis XXI. (Sumber Wikipedia untuk ranah publik)

Kapal selam U-boat buatan Jerman merupakan pendahulu kapal selam modern. U-boat dikenal baik untuk penyerangan dan telah menenggelamkan banyak kapal berbagai jenis, termasuk tanker, kargo, dan kapal perang.

U-boat cukup senyap dan mampu menyelinap di antara kapal musuh untuk kemudian melancarkan serangan besar.

Kapal U-boat yang dipakai Jerman pada masa Perang Dunia II jauh lebih hebat daripada pendahulunya. Kapal jenis XXI yang dijuluki dengan Elektoboote merupakan kendaraan yang inovatif serta mampu berada di dalam air untuk waktu yang lama.

Sistem persenjataan XXI juga hebat. Torpedo dimasukkan dalam selongsong secara hidrolik, lalu diarahkan menggunakan sonar. Dengan demikian, kapal selam itu tidak perlu memerlukan kedalaman seukuran periskop ketika meluncurkan serangan.

10 dari 11 halaman

9. Messerschmitt Me-262

(Sumber National Museum of US Air Force untuk ranah publik)

Pesawat terbang Me-262 adalah pesawat tempur jet yang pertama kali operasional sedunia. Walaupun berbahaya bagi musuh, pesawat itu mengalami masalah-masalah pada mesinnya.

Pesawat itu pertama kali berdinas pada 1943. Pada saat itu serangan udara sekutu masih tidak bisa menembus terlalu dalam ke wilayah kekuasaan Reich Jerman.

Pesawat Me-262 benar-benar memberikan dominasi udara secara kritikal. Hitler kemudian meminta rancangan ulang pesawat itu, tapi perang sudah hampir selesai ketika pesawat rancangan barunya siap.

11 dari 11 halaman

10. Meriam Matahari

(Sumber Wikimedia Commons/TerraMat via Creative Commons)

Mungkin salah satu senjata super yang paling gila namun belum sempat dibuat oleh Nazi adalah senapan matahari.

Memang terdengar seperti dalam cerita fiksi, pihak Nazi Jerman rencananya akan meluncurkan cermin bergaris tengah 1,5 kilometer ke orbit geosinkron di atas Bumi, namun dengan arah cermin yang bisa diatur agar membelokkan sinar matahari untuk membakar kota-kota.

Pada masa itu, rencana tersebut memang belum praktis sehingga pembuatannya tidak dilanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.