Sukses

Dubes RI Bertemu 2 WNI Tangguh di Georgia

Duta Besar RI untuk Ukraina merangkap Armenia dan Georgia Yuddy Chrisnandi mengundang Presiden Georgia ke Indonesia.

Liputan6.com, Kiev - Duta Besar RI untuk Ukraina merangkap Armenia dan Georgia Yuddy Chrisnandi bertemu Presiden Georgia, Giorgi Margvelashvili. Kedatangan Dubes Yuddy untuk menyerahkan surat Kepercayaan Pemerintah RI yang menugaskan dirinya sebagai Duta besar di negara Eropa Timur tersebut.

Dalam pertemuan, kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan hubungan antar pemerintah, pebisnis dan juga masyarakat. Perhatian khusus diberikan pada potensi kerja sama ekonomi yang besar di antara kedua negara. Indonesia melihat Georgia sebagai penghubung antara kawasan Asia dan Eropa memiliki akses pasar yang luas yang dapat dimanfaatkan.

"Selain itu, kerja sama wisata antara kedua negara juga perlu ditingkatkan dengan promosi yang lebih intensif," ucap Yuddy melalui keterangan tertulisnya, Kamis (25/5/2017).

Dalam tataran hubungan antar pemerintah, Dubes RI dan Deputi Menteri Luar Negeri Georgia berkomitmen untuk mendorong peningkatan kunjungan pejabat tinggi kedua negara. Hal tersebut ditujukan demi mendukung peningkatan kerja sama dan ajang berbagi pengalaman dalam berbagai bidang.

Yuddy mengatakan Pada 2018 mendatang, Indonesia dan Georgia akan merayakan 25 tahun hubungan diplomatik.

"Nanti akan direncanakan kegiatan peringatan khusus dan diharapkan dapat juga ditandai dengan kegiatan saling kunjung pada tingkatan tertinggi, yaitu antarkepala negara," ucap Yuddy.

Dalam pertemuan itu, Dubes RI juga menggunakan kesempatan tersebut untuk memohon dukungan Georgia terkait pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB Periode 2019-2020.

Selain bertemu Presiden Margvelashvili di Georgia, Yuddy juga bertemu dengan 2 keluarga WNI tangguh, yaitu Keluarga Bu Inten dari Bali dan Bu Rose asal Garut yang bekerja di Georgia.

"Rasa takjub dan mengharukan, karena hanya ada 4 warga negara Indonesia tinggal di negeri ini. Saya pun mengajak mereka makan malam, untuk berbagi kisah seputar kehidupan keluarga kecil ini di Kota Georgia," kata dia.

Dalam lawatannya ke Georgia, Yuddy juga bertemu dengan Kepala Museum Nasional Georgia, Giorgi Chogovadze. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas mengenai peluang dibukanya kerja sama.

Oleh sebab itu, kedua pihak sepakat untuk memfasilitasi kontak langsung antarpengusaha pariwisata, baik dari Indonesia maupun Georgia dalam mengembangkan industri pariwisata.

"Semoga langkah ini dapat bermanfaat dan mendongkrak branding pariwisata di Indonesia," ucap Yuddy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini