Sukses

Aplikasi Lapor Diri WNI di KBRI Berlin Raih Penghargaan

Aplikasi lapor diri WNI di Berlin Jerman masuk dalam jajaran Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) 2017.

Liputan6.com, Gresik - Program aplikasi Lapor Diri (LaDi) WNI secara Online yang digagas oleh KBRI Berlin, Jerman terpilih sebagai Top 99, dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) 2017 yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Mengutip situs Kemlu.go.id, Rabu (24/5/2017), penganugerahan penghargaan Top 99 SINOVIK 2017 itu dilakukan di Gresik, Jawa Timur, pada 20 Mei 2017, oleh Menteri PAN-RB Asman Abnur. Award itu diterima oleh Sekretaris Ditjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri.

Aplikasi LaDi dinilai telah secara nyata memberikan kemudahan bagi WNI di Jerman, untuk melakukan lapor diri secara online dengan menggunakan layanan tersebut.

Dengan program tersebut, semua proses terlaksana dengan murah dan cepat, serta data yang terhimpun menjadi lebih akurat, terintegrasi dan real time.

Aplikasi yang telah berjalan sejak Oktober 2015 ini, juga memiliki reminder system guna menjaga WNI di Jerman terhindar dari masalah keimigrasian dengan memberikan notifikasi untuk memperbarui dokumen keimigrasian dan kekonsulerannya. LaDi dapat diakses pada alamat lapordirijerman.de.

SINOVIK 2017 diikuti oleh 3.054 program inovasi lainnya dari unit kerja pelayanan publik instansi pemerintah pusat dan daerah, serta BUMN/D seluruh Indonesia. LaDi bersama dengan peraih Top 99 lainnya akan kembali mengikuti seleksi untuk masuk pada tahap akhir, Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2017.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.