Sukses

10 Misteri Terbesar Dunia yang Belum Terpecahkan

Berikut ini ulasan sejumlah misteri dunia yang hingga kini belum mendapatkan penjelasan alias tak terpecahkan.

Liputan6.com, Jakarta - Ilmu pengetahuan dan pengertian kita tentang dunia ini telah maju pesat dalam beberapa abad terakhir. Kendati demikian masih sangat banyak pertanyaan yang belum ada jawabannya.

Hal-hal aneh dan misterius yang belum bisa dimengerti dan dijelaskan oleh manusia pun hingga saat ini belum terpecahkan.

Dikutip dari wonderslist.com pada Sabtu (20/5/2017), berikut ini 10 misteri dunia yang masih belum mendapatkan penjelasan:

1. Bola Berukir

Bola misterius berbahan logam dari Afrika Selatan. (Sumber Wikimedia Commons/Robert Huggett untuk ranah publik)

Ada sebuah batu bernama Precambrian di Afrika Selatan yang usianya diduga sekitar 2,8 miliar tahun. Ketika para pekerja tambang melakukan penggalian, mereka menemukan beberapa bola misterius terbuat dari logam.

Ukuran diameter bola-bola itu sekitar 2,5 cm dengan 3 jelujur paralel yang diukirkan seputar garis tengahnya.

Beberapa bola berupa logam pejal berwarna kebiruan dengan bintik putih. Beberapa lagi hampa dalamnya dan diisi dengan zat buih berwarna putih. Tidak ada yang tahu asal-usul dan kegunaan bola-bola itu.

2. Dampak Placebo

Ilustrasi kapsul obat. (Sumber Max Pixel via Creative Commons)

Dampak placebo terjadi ketika seorang pasien menenggak obat palsu, mendapatkan saran dokter, dan kemudian menjadi lebih baik. Obat itu mujarab karena pasien berharap dan percaya bahwa obatnya memang akan manjur.

Ada dampak yang serupa itu, yaitu dampak nocebo. Dampak itu terjadi ketika seseorang menenggak narkoba palsu dan mulai merasakan berbagai hal yang disebabkan oleh narkoba sesungguhnya.

Gejala demikian membuktikan adanya hubungan misterius pikiran dan raga yang belum kita ketahui hingga sekarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Suara dan Benda Misterius

3. Bunyi Mendengung di Taos

Papan batas kota Taos. (Sumber Wikimedia Commons/Billy Hathorn)

Para warga kota kecil bernama Taos di negara bagian New Mexico, Amerika Serikat, terus-menerus mendengar suara misterius yang mereka jelaskan sebagai "dengung".

Suara itu bernada rendah dan terdengar saat lingkungan sedang sepi, dan kedengarannya seperti suara mesin diesel di kejauhan. Banyak penelitian sudah dilakukan, tapi sumber suara masih belum diketahui.

4. Kain Kafan Turin

Kain linen Turin. (Sumber Wikimedia Commons/Dianelos Georgoudis via Creative Commons)

Kain yang sekarang disimpan di Katedral Santo Yohanes di Turin, Italia, adalah sehelai kain berbahan linen dengan tampilan gambar seorang pria yang sepertinya meninggal karena penyaliban. Para ilmuwan masih belum berhasil menjelaskan bagaimana citra itu bisa tercetak di kain.

Sudah banyak penelitian dan eksperimen ilmiah dilakukan, tapi belum ada yang bisa meniru kejadian itu. Bagi beberapa orang Nasrani yang percaya, kain itu adalah kain kafan saat penguburan Yesus Kristus.

3 dari 5 halaman

Batu dan Tarian

5. Batu Meluncur

Racetrack Playa. (Sumber Wikimedia Commons/Daniel Mayer via GNU)

Ada beberapa batu di Racetrack Playa yang secara perlahan bergeser di permukaan tanpa ada intervensi manusia ataupun hewan. Ketika sedang bergeser, batu-batu itu meninggalkan jejak di belakangnya.

Menurut beberapa peneliti, hal itu terjadi karena dorongan angin kencang walaupun batu-batu itu bisa seberat seorang manusia sehingga tidak semudah itu tergeser oleh angin.

Belum pernah ada orang yang merekam ketika batu tengah bergeser dan gejala ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

6. Wabah Tarian

Ilustrasi wabah tarian. (Sumber Wikimedia Commons/Pieter Bruegel untuk ranah publik)

Pada Juli 1518, seorang wanita bernama Frau Troffea mendadak menari di suatu jalan di Strasbourg, Austria. Hal itu dilakukan bukan sekedar sebagai hiburan, melainkan suatu obsesi yang kemudian segera menular di daerah itu sehingga 400 orang lain ikut menari bersamanya.

Mereka menari terus-menerus hingga beberapa bulan, bahkan ada beberapa yang meninggal karena serangan jantung, stroke, dan kelelahan. Tak ada yang mengetahui alasan mereka terobsesi menari hingga kehilangan nyawa.

4 dari 5 halaman

Sosok Misterius

7. Wanita di Dais

Wanita Dais. (Sumber Flickr/David Schroeter)

Para ilmuwan menemukan jasad purba di China. Hingga sekarang, jasad Wanita Dais dari Dinasti Han itu merupakan jasad yang paling awet, padahal usianya sudah 2.000 tahun.

Ia meninggal antara 178 dan 145 SM saat berusia sekitar 50 tahun. Ia diduga meninggal karena serangan jantung.

Kulit mumi itu masih lembut dan lengan serta pahanya masih luwes pada sendi-sendinya. Mumi itu terawetkan dalam cairan misterius yang hingga sekarang masih belum berhasil terungkap oleh para ilmuwan mana pun.

8. Raibnya Harold Holt

Perdana Menteri Harold Holt. (Sumber Wikimedia Commons/Ronald Hall)

Pada Desember 1967, Harold Holt pergi ke Pantai Cheviot untuk berenang, tapi ia mendadak raib. Saat itu, ia adalah Perdana Menteri Australia, sehingga peristiwa itu memicu operasi pencarian terbesar yang pernah dilangsungkan di Australia.

Polisi, pihak angkatan laut, dan para sukarelawan setempat mencarinya di segala tempat selama dua hari, tapi tidak menemukan tanda-tanda apapun tentangnya. Kehilangan dirinya masih misteri hingga sekarang.

5 dari 5 halaman

Situasi Misterius

9. Pembakaran Spontan

Pembakaran dadakan pada manusia. (Sumber Wikipedia)

Pada 15 September 1982, seorang wanita bernama Jeannie Saffin mendadak diselubungi kobaran api ketika ia sedang duduk di kursi. Menurut ayahnya yang menjadi saksi peristiwa, ia melihat ada kilatan cahaya memancar dari pinggiran-pinggiran mata dan dua tangan.

Wanita itu diselimuti kobaran api, tapi tidak menangis atau bergerak sedikit pun. Ketika polisi melakukan penyidikan, mereka tidak menemukan penyebab kebakaran itu.

Tidak ada bekas kebakaran di rumah itu, kecuali pada tubuh Jeannie. Penyebab kematiannya masih tidak diketahui hingga sekarang.

10. Hujan Air Merah

Spora ganggang yang ada pada air hujan Kerala. (Sumber Wikimedia Commons/Vsasi)

Antara Juli hingga September 2001, hujan lebat turun sesekali di Kerala, suatu negara bagian di selatan India. Yang tidak biasa, air hujan itu berwarna merah dan awan-awan seperti menyemburkan darah.

Menurut pemerintah India, hal itu disebabkan oleh spora yang berasal dari lumut yang melimpah di permukaan. Namun, laporan media yang terbit pada 2006 menyebutkan bahwa partikel-partikel berwarna itu adalah sel-sel dari luar Bumi. Hingga kini belum ada penjelasan tentang hujan merah itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.