Video Detik-Detik Mobil Menerobos Trotoar Times Square New York

Oleh Tanti Yulianingsih pada 19 Mei 2017, 15:31 WIB
20170518-Mobil Terobos Jalur Pejalan Kaki di New York-AFP

Liputan6.com, Manhattan - Insiden mobil menerobos Times Square New York begitu mengejutkan publik. Tak lama kemudian, beredar rekaman yang menunjukkan detik-detik kendaraan yang dikemudikan Richard Rojas itu menabrak pejalan kaki dan tiang di tengah Manhattan.

Dalam salah satu video, yang dikutip dari News.com.au, Jumat (19/5/2017), kendaraan berkecepatan tinggi itu mendekat dengan latar belakang seorang wanita muda tengah menyeberang. Mobil itu kemudian menabrak tiang dan seperti terbang, lalu sempat berhenti pada sudut 45 derajat.

Sedan Honda berwarna burgundy itu dilaporkan melompat ke trotoar di 45th Street dan Broadway pada Kamis 18 Mei 2017 pukul 11.55 waktu setempat. Mobil lalu melaju dengan kecepatan tinggi sejauh tiga blok sebelum menabrak tiang dan berhenti.

Video lainnya menunjukkan kendaraan itu menabrak sekelompok pejalan kaki yang beberapa di antaranya mengenai kap mobil dan kaca depan. Seorang turis remaja tewas dan 22 orang lainnya terluka.

Korban tewas diketahui perempuan berusia 18 tahun asal Michigan. Remaja bernama Alyssa Elsman itu tengah mengunjungi Times Square bersama keluarganya. Adiknya yang berusia 13 tahun terluka dalam insiden tersebut.

Sumber polisi mengatakan pengendara mobil itu ingin melakukan pembunuhan, dan berharap polisi membunuhnya.

"Kau seharusnya menembakku. Aku ingin membunuh mereka!" kata warga Bronx yang merupakan veteran angkatan laut itu usai tertangkap kepada polisi.

Pemuda 26 tahun yang pernah ditangkap dua kali itu tidak mabuk ketika mengamuk di jantung Big Apple, dan melajukan kendaraannya dengan cepat di trotoar Times Square. Namun ia diduga tengah teler.

Ia berhasil dibekuk di lokasi kejadian oleh polisi.

Berikut ini detik-detik saat mobil itu menerobos trotoar New York Times Square:

Sejauh ini, Departemen Kepolisian New York tidak menganggap insiden itu terkait teror.

Setiap hari, ratusan ribu orang--termasuk orang dari seluruh dunia--melewati daerah komersial yang ramai di jantung distrik teater Broadway itu.

Pasca-tragedi penabrakan, orang-orang tergeletak di trotoar dan satu lainnya ditutupi oleh selimut berlumuran darah. Bagian dari mobil serta sepatu dan pakaian pun terlihat berserakan di jalan.

Wilayah ini sekarang di bawah penjagaan polisi. Pihak berwenang mengimbau pejalan kaki menjauhi lokasi kejadian, dan mereka diminta waspada hingga kendaraan diperiksa apakah terdapat bahan peledak.

Tak Terkait Terorisme

Awalnya diduga, aksi tersebut terkait terorisme. Belum lama ini, serangan terorisme menggunakan mobil terjadi di London, Nice, dan Berlin.

Kendati demikian, Wali Kota New York, Bill de Blasio mengatakan peristiwa kali ini tidak memiliki indikasi sebagai tindakan terorisme.

Laporan ABC News yang mengutip sumber penegak hukum menyebutkan, polisi yakin Rojas tengah dalam kondisi "tak sadar" akibat mengisap ganja sintetis yang dikenal sebagai K2.

Dari pemeriksaan awal, Rojas negatif alkohol, tetapi positif menggunakan narkoba.