19-5-1962: Ucapan Ultah Sang Simbol Seks untuk Presiden Kennedy

Oleh Citra Dewi pada 19 Mei 2017, 06:00 WIB
Marilyn Monroe menyanyikan lagu 'Happy Birthday' kepada Presiden ke-35 AS John F. Kennedy di Madison Square Garden, New York City

Liputan6.com, Jakarta - Lima puluh lima tahun lalu, tepatnya 19 Mei 1962, seorang aktris kenamaan Hollywood menyanyikan lagu 'Happy Birthday' kepada Presiden ke-35 Amerika Serikat John F. Kennedy. Perempuan yang juga dikenal sebagai 'simbol seks' itu adalah Marilyn Monroe.

"Happy birthday to you...happy birthday to you...happy birthday, Mr President...," ujar Marilyn dalam nyanyian bernada menggoda itu.

Sontak, ucapan selamat ulang tahun dari Marilyn dalam bentuk nyanyian itu mendapat perhatian luar biasa dari para penonton, termasuk Kennedy sendiri.

"Saat ini juga saya bisa pensiun dari politik setelah dinyanyikan lagu Happy Birthday dengan cara yang manis itu," ujar Kennedy ketika menanggapi nyanyian Marilyn.

Meski 10 hari lebih cepat dari tanggal ulang tahun aslinya -- Kennedy lahir pada 29 Mei -- namun, nyanyian dengan nada sensual itu masih terngiang hingga sekarang. Bahkan sejumlah artis pun menirukannya, termasuk Lana Del Rey dalam video lagunya, National Anthem.

Lagu itu dilantunkan Marilyn dalam acara penggalangan dana berskala besar oleh Partai Demokrat AS. Kegiatan yang diselenggarakan di Madison Square Garden, New York City, itu juga dihadiri oleh sejumlah selebritas.

Tak hanya cara bernyanyi Marilyn saja yang menjadi sorotan. Penampilan perempuan kelahiran 1 Juni 1926 itu juga menjadi hal yang diperbincangkan banyak orang.

Saat itu Marilyn mengenakan gaun berwarna kulit yang sangat ketat. Bahkan gaun itu harus dijahit sambil dikenakan Marilyn, sehingga memberikan kesan tak memakai busana.

Pada 2016, gaun karya Jean Louis itu terjual dengan harga US$ 4,8 juta atau sekitar Rp 64,41 miliar dalam sebuah lelang di Julien's Action, Los Angeles.

"Marilyn Monroe saat menyanyikan 'Happy Birthday Mr. President' tentunya merupakan salah satu pertunjukan dadakan paling terkenal dalam sejarah Amerika," ujar Presiden dan CEO Julien's Action, Darren Julien, seperti dilansir NBC News.

'Happy Birthday Mr. President' menjadi salah satu penampilan di akhir hayat Marilyn. Bintang dalam film 'Some Like it Hot' dan 'Gentleman Prefer Blondes' itu meninggal akibat overdosis kurang dari tiga bulan setelahnya.

Sementara itu, Kennedy tewas akibat ditembak pada tahun berikutnya. Kejadian itu berlangsung saat Kennedy dan istrinya mengendarai mobil bak terbuka kala menyapa warga di Dallas, Texas.

Selain nyanyian fenomenal Marilyn Monroe kepada John F Kennedy, film layar lebar garapan sutradara Ron Howard, The Da Vinci Code, debut untuk pertama kalinya di bioskop, tepatnya pada 19 Mei 2006.

Film yang diangkat dari novel terlaris karya Dan Brown itu berhasil meraih 9.5 juta poundsterling atau setara dengan Rp 183 miliar di hari pertama pemutarannya.

Sementara itu pada 19 Mei 1890, presiden pertama dan proklamator Vietnam lahir di Hoang Tru. Terlahir dengan nama Nguyen That Thanh -- belakangan menjadi Ho Chi Minh -- ia mencetak sejarah besar bagi Vietnam.

Tag Terkait