Sukses

15-5-2010: Akhir Pelayaran Solo Keliling Dunia Seorang Remaja

Tepat 15 Mei 2010, Jessica berhasil menuntaskan pelayaran keliling dunia secara solo selama 7 bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Yang dinanti-nanti akhirnya datang juga. Harapan itu akhirnya terwujud. Ayah dan ibu dari Jessica Watson tak kuasa menahan bendungan air mata saat gadis kesayangan akhirnya tiba kembali ke pelukan mereka.

Hari itu, 15 Mei 2010, Jessica berhasil menuntaskan pelayaran keliling dunia secara solo selama 7 bulan.

Jessica turun dari kapal pesiar sepanjang 30 kaki atau sekitar 9 meter di dermaga Sydney. Ribuan penonton, termasuk sang orangtua, menyambut kedatangannya. Jessica langsung memeluk kedua orangtuanya.

"Saya speechless, tak tahu harus bicara apa dan apa yang saya harus lakukan sekarang," ungkap Jessica mengutarakan rasa bahagia, seperti dimuat The Guardian.

"Dia (Jessica) bermimpi bisa keliling dunia, dan sekarang dia telah membuktikannya," timpal sang ibunda.

Jessica memulai pelayarannya dari Sydney pada 18 Oktober 2009. Selama 210 hari, gadis Australia itu berlayar melewati Pasifik Selatan menuju Cape Horn di Amerika Selatan, kemudian mengarungi Samudera Atlantik menuju Afrika Selatan lalu melintasi Samudera Hindia dan mengarungi Australia selatan.

Ia berhasil menuntaskan misinya pada usia 16 tahun, lebih muda dibanding pelayar sebelumnya, Jesse Martin yang keliling dunia pada usia 18 tahun, tahun 1999 lalu. Namun Jessica tak mendapat gelar resmi dari Dewan Pelayaran Dunia.

Meski Jessica sudah berlayar mengitari Bumi sejauh 23.000 mil selama 7 bulan, namun sejumlah pihak menilai Jessica tidak berlayar melintasi puncak utara khatulistiwa, sebagaimana peraturan Dewan Pelayaran.

Sementara pihak Manager Jessica menilai Jessica tidak perlu berlayar mengikuti aturan Dewan karena pihak Dewan pun tak akan bisa melacak dengan tepat perjalanannya.

Sebelumnya banyak pihak meragukan kemampuan Jessica mengatasi ombak besar setinggi 12 meter di laut, kebosanan karena harus berjuang sendiri tanpa juru pendamping, dan berbagai kritik pedas lainnya. Namun, kedatangan Jessica mematahkan semua keraguan itu.

"Kini tak perlu ada yang meragukan Jessica lagi, karena dia telah membuktikannya," puji Perdana Menteri New South Wales, Kristina Keneally, yang menyambutnya saat kembali ke rumah.

Sejarah lain mencatat pada 15 Mei 1928, Micky dan Mini Mouse pertama kali muncul di layar televisi dalam film Plane Crazy. Kemudian pada 15 Mei 1940, McDonald’s membuka restoran pertama kali di San Benardino, California.

Pada 15 Mei 2008, aturan kontroversial disahkan di Negeri Paman Sam. Di mana negara bagian California melegalkan pernikahan sesama jenis. California merupakan negara bagian di AS kedua yang memperbolehkan pernikahan sesama jenis. Negara bagian yang pertama yang mengesahkan UU kontroversial ini adalah Massachusetts pada 2004.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.