Sukses

12-5-1971: Lika-Liku Pernikahan Mick Jagger Vokalis Rolling Stone

Vokalis Rolling Stones Mick Jagger menolak datang ke balai kota yang dipenuhi wartawan dan juru foto.

Liputan6.com, St Tropez - Hari ini 46 tahun silam, vokalis band Rolling Stones, Mick Jagger menikahi tunangannya Bianca Pérez-Mora Macias. Bertempat di balai kota di Kota St Tropez, Mediterania Prancis.

Resepsi pernikahan umum pada 12 Mei 1971 itu tertunda hampir 1,5 jam, akibat terjadi 'adu mulut' antara juru bicara Mick Jagger dan polisi mengenai jumlah reporter dan fotografer di ruang resepsi mereka.

Awalnya hanya empat fotografer yang diundang ke balai kota, namun jumlahnya membludak saat resepsi digelar. Sekitar 100 juru kamera dan wartawan dari berbagai media memadati ruangan tersebut.

Mula-mula Jagger menolak datang ke balai kota, hal itu diketahui dari pesan yang disampaikan oleh juru bicaranya. Ia mengatakan tak ingin menikah dengan kondisi ramai di mana pengantinnya seperti "ikan mas di dalam mangkuk".

Polisi bersikeras bahwa media memiliki hak untuk tinggal di acara itu.

Akhirnya Mick Jagger mengancam akan membatalkan pernikahan tersebut jika tamu jumlah pewarta tak berkurang. Selang beberapa jam, ia dan sang istri yang lahir di Nikaragua pun tiba sekitar pukul 17.00.

Polisi dan wartawan pun sibuk saat mereka datang.

Kaum hippies kemudian muncul dengan berjalan kaki dan naik sepeda, berbaur dengan anggota kelas atas yang tiba di acara pernikahan menumpang Rolls Royces.

Setelah resepsi singkat itu, Jagger dan istri menuju ke kapel St Anne untuk menghadiri upacara keagamaan.

Kehadiran anak-anak sekolah membuat resepsi pernikahan di kapel itu berisik. Selama acara itu, Pastor Lucien Baud mengingat pengantin laki-laki telah lahir pada hari St Anne, dan itulah sebabnya dia memilih untuk menikah di kapelnya.

Lantunan musik Bach dimainkan dalam prosesi pernikahan, saat pasangan tersebut saling bertukar cincin. Sebuah medley dari film Love Story juga dimainkan atas permintaan mempelai wanita.

Pasangan Mick Jagger dan Bianca Pérez-Mora Macias kemudian meninggalkan kapel melalui pintu samping, untuk menghindari wartawan yang mengikuti mereka ke kapel.

Resepsi lain di Café des Arts kemudian dihadiri oleh 200 tamu -- 70 di antaranya diterbangkan dari London dengan pesawat sewaan yang dibayar oleh mempelai pria.

Pesta tersebut berlanjut pada dini hari ketika pengantin baru itu berangkat ke kapal pesiar Romeang dengan enam orang awak. Mereka berbulan madu selama 10 hari di sekitar Corsica dan Sardinia.

Pada tanggal yang sama tahun 2008, sebuah gempa bumi berkekuatan 8 skala Richter mengguncang Sichuan, China. Lebih dari 69 ribu orang meninggal dunia akibat lindu tersebut. Sementara pada 12 Mei 1938 tercatat sebagai momen peluncuran USS Enterprise (CV-6) -- kapal Angkatan Laut Amerika Serikat berbobot 25.500 ton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.