Sukses

Pertama dalam Sejarah, Paus Fransiskus Jadi 'Bintang Film'

Paus Fransiskus dari Argentina berperan sebagai dirinya sendiri dalam film berjudul Beyond the Sun.

Liputan6.com, Vatikan - Sebagai seorang aktor, wajar jika Jude Law mendapat pujian dalam perannya, misalnya di serial TV, The Young Pope. Namun, apa yang dilakukan Paus Fransiskus lebih luar biasa. Sebab, pemimpin 1,3 miliar umat Katolik itu ternyata bisa berakting bagus dalam film.

Pria 80 tahun asal Argentina itu muncul dalam sebuah film layar lebar berjudul Beyond the Sun. Dalam film tersebut, Paus Fransiskus memerankan dirinya sendiri. 

Para produser mengklaim bahwa ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Gereja Katolik Roma atau Vatikan, seorang Paus setuju untuk memainkan peran cameo dalam sebuah film.

Film bertemakan agama, di mana empat anak muda dari berbagai budaya mencoba mengikuti ajaran Kristus, akan diluncurkan di Festival Film Cannes yang dimulai pada 17 Mei 2016.

Paus dilaporkan meminta produser untuk membuat sebuah film yang ditujukan untuk kaum muda, dengan membawa pesan Injil.

"Kami begitu gembira dan bersyukur bahwa Yang Mulia Paus Fransiskus, telah berpartisipasi dalam film ini," kata Andrea Iervolino, salah satu pendiri AMBI Pictures -- perusahaan pembuat film tersebut seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (10/9/2017).

"Ini bukan hanya film untuk kita, ini adalah sebuah pesan, dan siapa sosok yang lebih baik untuk menyampaikan pesan sosial dan spiritual penting selain Paus. Kami merasa terhormat dan terinspirasi oleh kerja sama dari pihak Vatikan," imbuh Iervolino.

Iervolino yang merupakan seorang Katolik taat mengatakan bahwa dia terkesan dengan kemampuan berakting Paus.

"Dia menunjukkan dirinya sebagai Paus yang sangat istimewa. Anda akan bisa memahami, mengapa orang sangat mencintainya," katanya kepada surat kabar Italia, Corriere della Sera.

"Ceritanya bertujuan untuk mendorong orang menjalankan firman Yesus, menjalani kehidupan yang lebih baik, dan membuat pilihan yang baik."

Keuntungan dari film tersebut akan disumbangkan ke dua badan amal di Argentina, yang dekat dengan Paus -- El Alemendro dan Los Hogares de Cristo, yang membantu anak-anak yang kurang beruntung.

Sebagian besar syuting film yang menggambarkan petualangan keluarga, dilakukan di Argentina.

Film ini menjanjikan sesuatu yang baik dan lebih sedikit kontroversi jika dibandingkan The Young Pope. Dalam drama HBO itu, Jude Law memainkan Lenny Belardo, yang menjadi Paus Amerika pertama pada usia 47 tahun.

Dalam film tersebut, Lenny digambarkan sebagai seorang konservatif, perokok berat, dengan kecenderungan narsisme yang parah. Serial televisi itu dibuat dan disutradarai oleh Paolo Sorrentino, peraih Piala Oscar dalam film La Granda atau The Great Beauty.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.