Ucapan Selamat Raja Arab hingga Donald Trump ke Emmanuel Macron

Oleh Tanti Yulianingsih pada 08 Mei 2017, 16:00 WIB
Emmanuel Macron dan Marine Le Pen (AP)

Liputan6.com, Paris - Dari Amerika Serikat sampai Maroko, para pemimpin dunia silih berganti memberikan ucapan selamat kepada Presiden Prancis yang baru terpilih, Emmanuel Macron.

Macron, sang pemilik visi integrasi bisnis ramah lingkungan, mengalahkan Le Pen -- seorang politisi nasionalis sayap kanan yang mengancam membawa Prancis keluar dari Uni Eropa.

Macron mengatakan bahwa kemenangannya dalam Pilpres Prancis putaran kedua pada Minggu 7 Mei 2017, mewakili "harapan" dan "babak baru" untuk negaranya.

"Sebuah babak baru dalam sejarah panjang kita dimulai malam ini. Saya ingin menjadi salah satu harapan dan keyakinan baru," kata Macron seperti dikutip dari Al Arabiya, Senin (8/5/2017).

Berikut ini ucapan selamat dari beberapa pemimpin dunia tersebut:

Raja Arab Saudi

Tak lama setelah mengetahui kabar terpilihnya presiden baru Prancis, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mengirim sebuah surat ucapan selamat kepada Emmanuel Macron.

"Atas nama rakyat dan pemerintah Arab Saudi, Raja Salman menyampaikan harapan terbaiknya untuk presiden dan rakyat Republik Perancis," demikian menurut sebuah pernyataan yang dimuat oleh Saudi Press Agency (SPA).

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Naif dan Wakil Putra Mahkota Mohammad bin Salman juga mengirim surat serupa.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump

Donald Trump juga menyampaikan selamat pada Macron, meski sebelumnya miliarder nyentrik itu sempat bertemu dengan Le Pen.

"Saya sangat berharap bisa bekerja sama dengannya!," kata Trump.

Kanselir Jerman Angela Merkel

Juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkel menyambut kemenangan Macron yang gemilang dalam pemilihan presiden Prancis. Ia menyebutnya sebagai "kemenangan bagi Eropa yang kuat dan bersatu".

"Selamat, @EmmanuelMacron. Kemenangan Anda adalah kemenangan bagi Eropa yang kuat dan bersatu, untuk persahabatan Prancis-Jerman," tulis Steffen Seibert dalam bahasa Prancis dan Jerman di Twitter.

Perdana Menteri Inggris, Theresa May

Perdana Menteri Inggris Theresa May juga tak ketinggalan menyampaikan salam hangatnya kepada presiden terpilih Prancis. Ia mengatakan bahwa dirinya menyambut baik kesempatan untuk bekerja dengan Emmanuel Macron.

Kantor May, Downing Street mengatakan bahwa dia "dengan hangat mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Macron atas keberhasilan pemilihannya."

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga mengucapkan selamat kepada Emmanuel Macron.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih Macron pada tahun-tahun mendatang. Saat kami bekerja sama dalam sebuah agenda progresif untuk mempromosikan keamanan internasional, meningkatkan kolaborasi dalam sains dan teknologi, dan menciptakan lapangan kerja kelas menengah yang baik di kedua sisi Atlantik," kata Trudeau melalui sebuah pernyataan.

"Ini juga mencakup pelaksanaan Perjanjian Ekonomi dan Perdagangan Komprehensif Kanada-Eropa," imbuhnya.

"Kanada dan Prancis berbagi hubungan hangat dan bersejarah, yang berakar pada sejarah bersama, hubungan budaya yang mendalam, hubungan people to people dan kemitraan ekonomi yang kuat," jelas Trudeau.