Sukses

AS Klaim Bunuh Orang Terdekat Pemimpin ISIS

Abdurakhmon Uzbeki, yang diyakini berasal dari Uzbekistan, disebut sebagai orang dekat pemimpin ISIS.

Liputan6.com, Mayadin - Pasukan AS menargetkan dan membunuh seorang anggota kelompok ISIS dalam sebuah serangan di Suriah. Demikian disampaikan beberapa pejabat militer setempat.

Serangan tersebut terjadi di dekat Kota Mayadin di Suriah timur.

Abdurakhmon Uzbeki, yang diyakini berasal dari Uzbekistan, disebut-sebut sebagai rekan dekat pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi.

"Itu adalah operasi darat, saya pikir hanya itu yang bisa kami sampaikan," kata juru bicara Komando Pusat AS, John Thomas di Washington seperti dikutip dari BBC, Sabtu (22/4/2017).

Saat itu ada sekitar 500 anggota pasukan khusus AS di Suriah, yang tugas utamanya memberikan bantuan terhadap pasukan Kurdi dan Arab yang memerangi ISIS.

ABC melaporkan, pasukan expeditionary targeting force beroperasi di Irak dan Suriah. Mereka bertugas menargetkan pemimpin senior ISIS dan Al Qaeda sejak akhir 2015.

Rincian operasi mereka di lapangan biasanya dirahasiakan dari publik.

Thomas mengatakan bahwa AS memiliki catatan bagus untuk menemukan orang-orang yang diburu dan membunuhnya.

Menurut pihak AS, dia memegang peranan penting dalam serangan terhadap klub malam di Istanbul pada Malam Tahun Baru yang menewaskan 39 orang.

Polisi Turki menangkap Abdulkadir Masharipov, tersangka utama dalam serangan tersebut, pada 17 Januari setelah pemburuan besar-besaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.