Sukses

Paus Fransiskus Buka Layanan Cuci Baju Gratis

Para tunawisma di Vatikan kini dapat menikmati layanan cuci baju dan setrika gratis.

Liputan6.com, Vatican City - Paus Fransiskus telah menginspirasi lahirnya layanan cuci baju gratis bagi para tunawisma di Roma. Tidak hanya mesin cuci, namun detergen, mesin pengering, dan setrika juga disediakan secara cuma-cuma di tempat yang disebut 'The Pope's Laundry' itu.

Seperti dikutip dari Independent, Selasa, (11/4/2017), Vatikan menyebut, program ini akan 'memulihkan martabat' orang-orang yang tidak mampu membayar untuk layanan tersebut. 'The Pope's Laundry' dikelola oleh badan amal kepausan melalui kemitraan dengan komunitas Sant'Egidio.

Di tempat itu, terdapat para relawan yang akan mencuci, mengeringkan, dan menyetrika pakaian serta selimut para tunawisma. Tempat cuci baju gratis ini berlokasi di pusat Trastevere, tepatnya di sebuah rumah sakit tua yang kini disebut 'People of Peace Centre'.

Berbagai perlengkapan yang disediakan di tempat tersebut merupakan sumbangan dari Whirpool and Procter and Gamble di mana sebelumnya mereka sudah terlibat dalam skema membagikan pisau dan krim cukur gratis bagi fasilitas tukang cukur khusus kaum miskin di dekat lapangan St Petrus di Vatican City.

Pada Januari lalu, Vatikan telah mendistribusikan kantong tidur bagi para tunawisama. Para petugas juga membiarkan kendaraan dinas mereka tetap terbuka agar para tunawisma dapat bergantian duduk didalamnya untuk menghangatkan diri.

Dua tahun sebelumnya, Vatikan juga membuka sebuah hostel, tempat mandi, toilet, dan sebuah toko potong rambut bagi para tunawisma di Roma.

Dan dalam beberapa bulan ke depan, layanan gratis akan bertambah. Sebut saja tempat mandi, potong rambut, dan sebuah pusat medis akan hadir bagi para tunawisma. Demikian juga dengan pakaian gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.