Sukses

Bukan Kendaraan Butut, Ini 16 Mobil Presiden Paling Keren

Cadillac selalu jadi pilihan untuk mobil presiden Amerika Serikat. Bagaimana dengan pemimpin negara lain?

Liputan6.com, Jakarta - Cadillac selalu jadi pilihan untuk mobil presiden Amerika Serikat. Itu mengapa kendaraan orang nomor satu di Negeri Paman Sam punya julukan 'Cadillac One' -- selain julukan lain seperti The Beast, Limousine One, First Car, atau Stagecoach.

Mobil presiden AS saat ini dilengkapi sarana penyelamat jiwa presiden termasuk pasokan darah, serta memiliki kemampuan ofensif dan defensif. Kendaraan itu dibuat dengan standar Secret Service.

Pasca-penembakan Presiden John F Kennedy, pemimpin AS tak dibolehkan berkendara dengan mobil bak terbuka. Harus selalu tertutup. 

Saat berada di dalam mobil tersebut, sang presiden seakan terputus dari dunia luar.

Namun, perangkat komunikasi paling canggih pada Abad ke-21 ada di tangannya.

Generasi baru mobil presiden AS terus dikembangkan, dibuat lebih canggih, aman, sekaligus nyaman untuk sang kepala negara.

Tak hanya Amerika Serikat, sejumlah pemimpin negara lain juga memiliki mobil kepresidenan. Masing-masing memiliki keistimewaan

Di antara merek mobil kenegaraan yang kerap dipakai, Mercedes-Benz menjadi yang paling lazim, termasuk yang dipakai di Indonesia.

Dikutip dari The Richest pada Kamis (23/3/2017) berikut ini adalah 16 kendaraan kenegaraan yang beredar di berbagai negara:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 17 halaman

1. Italia: Lancia Thesis US$ 65.709

(Sumber yamalama1986.deviantart.com)

Jangan heran dengan pilihan Italia. Lancia Thesis yang dipakai memiliki mesin turbo dan transmisi 6 kecepatan.

Kecepatan maksiumnya adalah 222 kilometer per jam dengan torsi 240 pon-kaki.

Di dalamnya ada kulkas dan minibar, dan tentunya GPS, sistem satelit, hubungan internetn, mesin faks, perangkat DVD, dan tempat duduk bahan kulit yang mewah.

Tapi, pada 2014, Perdana Menteri Italia menawarkan mobil itu kepada mereka yang mampu membelinya.

3 dari 17 halaman

2. Jepang: Toyota Century Royal US$ 85.500

(Sumber Wikimedia)

Pemerintah Jepang tidak main-main. Pilihan mobil kenegaraan jatuh pada Toyota Century Royal yang dilengkapi eksterior tahan peluru, kokpit yang nyaman, dan mesin yang tangguh konfigurasi V12 dengan 48 katup.

Ada pintu kecil di bagian belakang kursi depan. Mobil sejenis ini dipakai oleh para eksekutif pemerintah dan juga para anggota Yakuza.

4 dari 17 halaman

3. Singapura: Mercedes-Benz S350L $85.995

(Sumber nairaland.com)

Singapura menjadi salah satu tempat berkumpulnya berbagai mobil mewah. Mobil kenegaraan pun tidak mengecewakan, sebuah Mercedes-Benz S350L.

Presiden Singapura menggunakan model tersebut keluaran 2010 dengan warna putih berkelas dan daya tambahan pada mesin serta tambahan lain yang mengundang kecemburuan.

Misalnya perseneling pada dasbor, bantuan penglihatan malam, sensor tabrakan dan tampilan fender modern.

Ditambah lagi dengan lapisan baja pelindung dari berbagai serangan dan lampu LED siang hari yang dipadu dengan pencahayaan bi-xenon.

5 dari 17 halaman

4. Uzbekistan: Range Rover Supercharged US$ 103.195

(Sumber bestcarmag.com)

Uzbekistan juga tidak main-main dengan Range Rover Supercharged yang dipesan khusus sesuai permintaan, lengkap dengan lapisan pelindung tahan peluru dan tembakan lain.

Range Rover Supercharged itu bisa dibawa navigasi di berbagai medan dengan tetap memberikan perjalanan yang mulus dan nyaman. Bagian luarnya diberi lengkung yang sepadan dengan bagian dalam yang lembut dan canggih.

Walaupun mesinnya besar, suara mesin terolong amat senyap. Basis rodanya dipilih yang panjang. Lalu ditambah juga dengan GPS dan teknologi satelit.

6 dari 17 halaman

5. Maroko: Mercedes 600 Pullman US$ 120.384

(Sumber parismatch.com)

Di Maroko, Raja Hassan II memesan kendaraan kerajaan yang tidak biasa, yaitu Mercedes 600 Pullman bermesin 6,3 liter V8, dengan poros overhead dan injeksi mekanis bahan bakar besutan Bosch.

Perjalanan terasa nyaman karena sistem hidrolik teknologi tinggi, lalu kemudi, pintu, dan jendela berbantu, dan sejumlah tambahan keamanan mewah lainnya.

Di Maroko, ada dua versi yang dipakai eksekutif, yaitu basis-roda pendek dan basis-roda panjang.

7 dari 17 halaman

6. Korea Selatan: Hyundai Equus VL500 (550) Limousine US$ 122.180

(Sumber Wikimedia)

Korea Selatan memiliki tetangga yang cukup mengerikan di utara (Korut), sehingga mobil kenegaraan pun jelas dipersiapkan untuk itu.

Kendaraan itu adalah limo panjang pertama yang dibuat di Korea Selatan dan dilengkapi dengan lapis baja pelindung bagi sang pemimpin, termasuk ketahanan terhadap ledakan yang setara 15 kilogram TNT.

Model ini lebih besar daripada pendahulunya dan amat besar dibandingkan dengan semua model Hyundai lainnya. Mobil itu dipakai dalam KTT G20 di Korea Selatan walaupun awalnya dibuat untuk Presiden Cheong Wa-dae.

8 dari 17 halaman

7. Norwegia: Binz Limousine US$ 128.351

(Sumber blog.vehiclejar.com)

Pertama kali terlihat pada akhir 2012 saat musim liburan, limosin Binz seakan seperti mobil-mobilan bagi Raja Harald V dan kendaraan itu mengundang kekaguman.

Limo tersebut memiliki tempat duduk yang nyaman untuk perjalanan jauh, demikian juga adanya sistem hirudan dan infotainment untuk bisnis maupun untuk bersantai.

Kendaraan yang diilhami Mercedes-Benz itu memiliki fitur nyala-mati secara otomatis dan mesin yang efisien. Inspirasi dari Mercedes-Benz juga terasa pada kemanan tingkat tinggi dan letak interior yang fungsional serta indah.

9 dari 17 halaman

8. Brunei: Rolls Royce Phantom VI US$ 148.645

(Sumber boyracer.blogspot.com)

Sultan of Brunei berkeliling negerinya menggunakan Rolls Royce Phantom VI, yang bukan sekedar digdaya tapi indah. Mobil itu merupakan keluaran terakhir yang memiliki casis terpisah dilengkapi dengan pegas ulir di depan dan pegas keong di belakang. Dilengkapi dengan karburator SU, mesin V8, dan transmisi otomatis 4 kecepatan yang membantu mobil itu melejit pesat.

Beberapa pemimpin lainnya yang menggunakan kendaraan itu adalah Mohammad Reza Pahlavi, Shah Iran, Prince of Wales, Duchess of Cornwall, dan bahkan Kate Middleton setelah menikahi Pangeran William.

10 dari 17 halaman

9. Jerman: Mercedes-Benz S600L US$ 174.890

(Sumber Wikimedia)

Kendaraan eksekutif Jerman digolongkan sebagai Sonderklasse, yang berarti "kelas istimewa." Kendaraan itu memiliki kelas tersendiri. Sekarang ini yang dipakai adalah seri S yang lebih ramping dan tentunya lebih canggih.

Beberapa fiturnya antara lain penchayaan LED, bentuk eksterior untuk mengurangi hambatan angin, dan dua tampilan lebar lengkap dengan grafisk animasi tekologi tinggi.

Ada layar sentuh, tampilan di kepala dan Mgic Body Control yang memungkinkan pengaturan mobil melalu navigasi dan gerakan sederhana. Mobil itu djuga dilengkapi dengan Road Surface Scan yang mengintip keadaan jalan dan permukaan, lalu menyesuaikan pengaturan keselamatan sendiri.

11 dari 17 halaman

10. Rusia: Mercedes S-Class Limousine US$ 251.417

(Sumber c1.staticflickr.com)

Presiden Vladimir Putin tidak menganggap enteng urusan mobilnya. Pilihannya jatuh pada limosin Mercedes-Benz S-Class yang rancangannya disesuaikan dengan kemauannya.

Pertama, roda kemudi dengan lambang elang berkepala dua terbuat dari emas. Lengkap dengan perlindungan baja, garis sabuk yang tinggi, atap rendah, interior kulit yang mewah, kemudi berbantu, dan lainnya.

Mobil itu tergolong yang paling bagus yang sanggup dibeli di Rusia dan seakan menjadi mobil-mobilan Putin ketika mulai dikerjakan pada 2014.

12 dari 17 halaman

11. Malaysia: Maybach 62 US$ 394.000

(Sumber Wikimedia)

Kembali ke Asia. Di Malaysia, mobil kenegaraan yang dipakai adalah Maybach 62, walaupun Maybach sempat bermasalah dan kemudian bangkit kembali.

Di dalamnya ada kursi kelas bisnis yang bisa rebah sepenuhnya lengkap dengan pendingin minuman. Lalu ada meja piknik, fitur keselamatan, dan sejumlah teknologi terkini.

Raja Bhumibol Adulyadej dan keluarga juga memilih Maybach 62 dengan mesin V12 dan interior luas. Lengkap dengan sistem DVD dan CD, kulkas, dan pendingin wine.

Versi milik Raja Thailand lebih mahal, senilai US$ 500 ribu.

13 dari 17 halaman

12. Inggris: Jaguar XJ Sentinel US$ 455.025

(Sumber Wikimedia)

Kendaraan ini dipilih menjadi kendaraan resmi Perdana Menteri Inggris, lengkap dengan lapis baja dan mesin V8 berukuran 5 liter. Tapi, banyak perincian fitur dan keamanan yang tidak dibeberkan.

Yang jelas, badan mobil dibuat dari Titanium, Kevlar, dan pelat baja. Jendelanya terbuat dari polikarbonat sehingga tahan tembakan peluru. Ada juga pasokan oksigen sekiranya ada bencana dan kendaraan itu tahan serangan gas air mata.

Di dalamnya, seperti dunia impian teknologi dengan televisi definisi tinggi, penglihatan malam, dan sistem suara untuk sidang sambil jalan.

14 dari 17 halaman

13. Vatikan: Mercedes-Benz M-Class US$ 524.990

(Sumber galleryhip.com)

Paus Fransiskus berkendaraan dengan gaya di atas Popemobile, sambil melambai-lambaikan tangan dan menyempatkan menciumi bayi-bayi. Ia meneruskan tradisi menggunakan Mercedes-Benz. Kali ini dengan M-Class.

Cukup mengejutkan. Paus yang mengajarkan hidup dalam kesederhanaan itu menggunakan mobil seharga lebih dari setengah juta dolar, tapi tentunya semua itu demi perlindungan dan keamanan.

Walau biasanya berjalan perlahan, kecepatan mobilnya bisa mencapai 160 kilometer per jam.

15 dari 17 halaman

14. China: Hongqi Limousine US$ 801.624

(Sumber Wikimedia)

Hongqi Limousine adalah mobil termahal di China. Jika diterjemahkan, hongqi berarti "bendera merah" -- yang mewakili imej China.

Mobil itu memiliki transmisi 8 kecepatan dan 4 mesin V8 dengan turbo yang menghasilkan torsi 530 pon dan 381 tenaga kuda sehingga bisa melejit dari 0 ke 100 kilometer per jam hanya dalam 8 detik. Kecepatan maksimumnya adalah 220 kilometer per jam.

16 dari 17 halaman

15. Amerika Serikat: US$1.500.000

(Sumber Shutterstock via therichest.com)

Ketika Presiden Amerika Serikat ingin berkeliling, ia menaiki Cadillac One buatan General Motor sebagai kendaraan resmi kenegaraan.

Amerika Serikat telah menggunakan mobil kenegaraan selama 80 tahun terakhir, tapi yang sekarang bagus sekali, Cadillac model limo yang tentu saja berlapis baja.

Bukan hanya itu, dalam Cadillac One ada pasokan darah yang golongannya sama dengan golongan darah Presiden. Ada juga tabung oksigen untuk keadaan darurat. Dan tentunya perangkat pandangan malam.

17 dari 17 halaman

16. Ratu Inggris: Bentley State Limousine US$ 15.167.500

(Sumber Wikimedia)

Ketika Ratu Elizabeth berkeliling, ia menaiki sebuah Bentley State Limousine yang diperlengkapi dengan semua keperluan Ratu.

Mobil itu sendiri diciptakan sebagai edisi HUT ke 50 kendaraan ikonik tersebut.

Karena usianya, pintu mobil Bentley ini bisa dibuka membentang 90 derajat. Ditambah lagi dengan rumah kaca panoramik, sehingga ia bisa mudah memandang ke luar walau lengkap dengan fitur keamanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.