Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam Kedapatan Asyik Bermain Biliar?

Oleh Khairisa Ferida pada 23 Mar 2017, 15:23 WIB
Kim Uk-il, salah satu tersangka pembunuh Kim Jong-nam

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Seorang warga Korea Utara yang menjadi salah satu tersangka dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam, dilaporkan tertangkap kamera tengah asyik bermain biliar di gedung Kedubes Korut di Kuala Lumpur, Malaysia.

Media Jepang All-Nippon Network (ANN News) menayangkan sebuah rekaman video berdurasi satu menit yang menunjukkan seorang pria mirip tersangka, Kim Uk-il (37), tengah bermain biliar dengan beberapa orang di lantai dua gedung Kedubes Korut.

Kantor berita Malaysia, Bernama, juga ikut menyoroti kabar ini pada Rabu waktu setempat. Tidak disebutkan detail pengambilan rekaman tersebut.

Seperti dilansir Asian Corresponden, Kamis (23/3/2017), Uk-il merupakan staf di maskapai penerbangan Korut, Air Koryo. Sosoknya tengah diburu Kepolisian Malaysia untuk membantu penyelidikan kakak tiri pemimpin Korut, Kim Jong-un.

Pada 22 Februari lalu, Kepala Kepolisian Malaysia Khalid Abu Bakar mengatakan, Uk-il merupakan satu dari dua tersangka yang diyakini bersembunyi di gedung kedubes. Seorang lainnya adalah sekretaris kedua kedubes Korut, Kwang Hyon-song (44).

Tersangka lain, Ri Ji-u atau dikenal pula sebagai James, juga diyakini masih berada di Negeri Jiran. Sementara empat warga Korut lain yang juga menjadi tersangka dikabarkan berhasil melarikan diri ke Pyongyang.

"Kami percaya bahwa mereka berada di kedutaan, termasuk staf Air Koryo. Jika mereka tidak juga muncul, kami akan memaksa mereka melakukannya, sebelum akhirnya surat perintah penangkapan dikeluarkan," ujar Khalid.

"Kami akan menunggu bahkan jika harus memakan waktu lima tahun, seseorang pasti akan menyerah," imbuhnya.

Sementara itu, sejumlah wartawan masih berada di luar gedung Kedubes Korut untuk memantau perkembangan terkini. Mobil patroli polisi pun terparkir di sana.

Rabu kemarin, terungkap sosok tersangka lain yang terlibat dalam pembunuhan Jong-nam. Yang bersangkutan adalah anak dari seorang utusan Korut untuk Vietnam. Ia disebut fasih berbahasa Vietnam dan kemampuannya ini digunakan demi memikat perempuan untuk terlibat dalam plot pembunuhan tersebut.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap News menyebut sosok tersebut sebagai Ri Ji-hyon (33), putra mantan Dubes Korut untuk Vietnam, Ri Hong.

Ji-hyon adalah orang yang merekrut wanita Vietnam bernama Doan Thi Huong.

Perempuan itu kini telah ditahan otoritas Malaysia. Adapun seorang lainnya yang mendekam di balik jeruji besi adalah Siti Aisyah, WNI asal Banten.

Kedua perempuan tersebut dilaporkan menyeka wajah Jong-nam dengan racun saraf VX pada 13 Februari lalu ketika putra sulung Kim Jong-il itu tengah berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Jong-nam tengah menunggu penerbangan yang akan membawanya kembali ke Macau -- tempat pengasingannya selama ini.

Baik Siti maupun Doang kini tengah menjalani persidangan atas tuduhan pembunuhan. Jika terbukti bersalah, keduanya terancam menjalani hukuman mati.

Pembunuhan Jong-nam telah memicu ketegangan diplomatik antara Malaysia-Korut. Hingga kini, Korut tetap pada prinsip bahwa pria itu bernama Kim Chol bukan Jong-nam. Ini sesuai dengan identitas yang tertera pada paspor.

Namun Malaysia telah mengumumkan bahwa pria itu adalah Kim Jong-nam. Ini sesuai dengan hasil tes DNA yang mereka lakukan.

BlackjackBlackjack

Layak di jadikan Movie alias Film Layar Lebar 😍😘