Sukses

Rangkaian KTT IORA di Indonesia Resmi Dimulai

IORA atau Asosiasi Negara lingkar Samudera Hindia beranggotakan 21 negara. Setidaknya 16 pemimpin negara dijadwalkan hadir dalam KTT IORA.

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asosiasi Negara Lingkar Negara Samudera Hindia (IORA) resmi dimulai pada hari ini, Minggu, 5-Maret-2017.

Pertemuan IORA dijadwalkan berlangsung pada 5-7 Maret. Seluruh rangkaian acara akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat.

Pada hari pertama ini rencananya akan diselenggarakan pertemuan tinggat pejabat tinggi (SOM). Indonesia sebagai Ketua IORA memimpin rapat bersama Australia yang merupakan ketua sebelumnya dan Afrika Selatan yang akan jadi pemimpin IORA di periode berikutnya.

Desra Percaya, Ketua Delegasi Indonesia dalam pertemuan SOM yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Asia, Pasifik, Afrika Kementerian Luar Negeri mengatakan, KTT IORA kali ini sangat bersejarah.

Sebab, sejak didirikan pada 1997 baru pertama kali IORA digelar dalam level KTT. Pertemuan ini diharapkan dapat mewujudkan rencana penguatan IORA di masa mendatang.

"Saya gembira kalian bisa berkumpul di sini secara khusus untuk merayakan perjalanan panjang dan upaya kita untuk memperkuat asosiasi kita," sebut Desra.

Desra mengatakan peringatan dua dasawarsa IORA ini merupakan kesempatan bagi negara-negara anggota untuk menggali potensi yang belum ditemukan di Samudera Hindia.

"Pertemuan kita kali ini adalah sebuah momentum untuk merenungkan perjalanan 20 tahun yang sudah kita lalui dan melihat apa yang belum kita lakukan dan merupakan kesempatan strategis bagi kita bergerak maju," tambah Desra.

Pertemuan SOM rencananya akan membahas draft kesimpulan rangkaian pertemuan IORA. Usai dibahas di tingkat SOM, nantinya seluruh dokumen pembahasan akan dibawa ke pertemuan tingkat menteri dan disahkan di pertemuan antar kepala negara dan pemerintahan pada 7 Maret mendatang.

KTT ini akan menghasilkan sebuah kesepakatan bernama IORA Concord. Hasil tersebut merupakan dokumen final kesimpulan pembahasan dari tingkat SOM, KTM, dan KTT.

IORA merupakan organisasi kerjasama multilateral yang beranggotakan 21 negara. Setidaknya, 16 pemimpin negara akan hadir dalam KTT IORA pertama di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini