Sukses

Boneka Transgender Pertama di Dunia Tuai Kontroversi

Boneka transgender mengambil model aktivis remaja yang terlahir anak laki-laki namun hidup sebagai perempuan, Jazz Jennings.

Liputan6.com, Washington DC - Sebuah mainan baru yang disebut sebagai boneka transgender pertama di dunia menciptakan kehebohan di media sosial.

Ribuan tweet pro dan kontra membanjiri komentar atas produk yang diresmikan oleh Tonner Doll Company sejak diumumkan bahwa boneka itu akan tampil pekan ini di New York Toy Fair.

Boneka tersebut mengambil model aktivis remaja yang terlahir anak laki-laki tapi hidup sebagai perempuan, Jazz Jennings. Ia meraih ketenaran saat diwawancarai tentang gender dysphoria yang dialaminya oleh presenter TV Amerika, Barbara Walters.

Itu satu dekade lalu. Jennings kini sudah remaja. Usianya sekarang 16 tahun.

"Aku dilahirkan sebagai laki-laki, tetapi merasa sebagai seorang gadis sejak awal. Aku mengekspresikan diri sebagai perempuan di depan keluarga, dengan beraktivitas bersama boneka, gaun, benda-benda berkilau, dan segala sesuatu yang feminin. Aku tak hanya suka benda-benda girly, tapi juga sangat bersikeras bahwa aku adalah seorang gadis," posting Jazz pada halaman Facebook miliknya.

Tanda tanya besar pun mengemuka di media sosial, terkait apa yang membuat boneka itu terlihat seperti transgender.

Dalam satu posting-an, pembuat boneka itu menjelaskan bahwa boneka transgender itu dibuat dengan sosok Jennings, tetapi tidak memiliki alat kelamin.

Produk boneka transgender buatan Tonner Doll Company itu juga menuai kritik. Beberapa orang menyebut sebenarnya boneka apa pun bisa menjadi transgender, sementara lainnya di Facebook menyambut gagasan tersebut.

Sementara Jazz yang menjadi inspirasi pembuatan boneka transgender itu mengapresiasi produk tersebut. "Aku menyukainya. Sebagian dari dana yang aku peroleh akan disumbangkan untuk membantu anak muda transgender yang berjuang... Aku berharap hal itu dapat menempatkan kaum transgender dalam sudut pandang positif, dengan menunjukkan bahwa sebenarnya kami sama seperti yang lain."

"Tentu saja boneka itu seperti boneka anak perempuan pada umumnya, seperti saya yang juga seorang gadis seperti kebanyakan," ujar Jazz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.