Sukses

Kafe di Wina Kenakan Tarif untuk Isi Ulang Baterai Ponsel

Lelah dengan turis-turis yang memakai listrik mereka selama berjam-jam, pemilik kafe Galina Pokorny akhirnya menetapkan bayaran.

Liputan6.com, Wina - Pramusaji penggerutu sudah tidak aneh di Wina, tapi sebuah kafe di kota itu membuat kehebohan karena memberlakukan peraturan yang sepertinya baru terjadi di Austria. Yakni menarik bayaran dari pengunjung yang mengisi ulang baterai ponsel mereka.

Lelah dengan turis-turis yang memakai listrik mereka selama berjam-jam, pemilik kafe Galina Pokorny akhirnya menetapkan bayaran 1 euro atau sekitar Rp 14.166, bagi mereka yang mengisi ulang baterainya terlalu lama.

"Turis selalu minta listrik, listrik, listrik. Maaf, tapi siapa yang akan membayar saya untuk itu?" ujar Pokorny, pemilik Terrassencafe im Hundertwasserhaus - yang ada di sebuah gedung apartemen warna-warni yang dirancang seniman dan arsitek Friedensreich Hundertwasser seperti dikutip dari VOA News, Sabtu (17/2/2017).

"Para pelanggan yang mengisi ulang baterai 15 menit setelah membeli kopi tidak akan ditarik bayaran, satu jam adalah batas waktu gratis. Saya berbisnis kafe, bukan warung internet," ujarnya, menambahkan bahwa ia tahu tidak ada kafe lain yang menarik bayaran serupa.

"Ini semakin bertambah ekstrem. Orang datang dan mengira semuanya bisa diakses dan gratis... Anda bahkan tidak membuka mata pada pagi hari dengan gratis."

Pokorny menetapkan tarif tersebut sejak tahun 2016 lalu, tapi baru menarik perhatian pada Rabu 15 Februari, setelah tabloid Oesterreich melaporkan ada 'tagihan aneh' dari salah satu wartawan mereka yang memperlihatkan bayaran 1 euro untuk 'listrik'.

Tagihan itu juga berlaku untuk laptop dan tablet, dan bagi mereka yang menggunakan lebih dari satu stop kontak. Tarifnya dikalikan jumlah stop kontak.

Setidaknya akses internet nirkabel masih gratis di kafe itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • Wina