Sukses

Demi Pertandingan Sepak Bola, Belasan Orang Tewas Terinjak-injak

Pertandingan sepak bola di Angola diwarnai insiden yang menyebabkan tewasnya belasan orang.

Liputan6.com, Uige - Setidaknya 17 orang meninggal dunia dalam saling timpa saat menyaksikan pertandingan sepak bola di Uige, Angola.

Ratusan pendukung tim berdesakan ke gerbang. Mereka mendorong pembatas setelah tidak bisa masuk melalui pintu gerbang sebelum pertandingan dimulai, demikian menurut kantor berita setempat.

Dikutip dari The Guardian pada Sabtu (11/2/2017), Ernesto Luis, direktur jenderal di rumah sakit lokal mengatakan kepada Reuters bahwa banyak orang kehabisan nafas ketika tertimpa orang-orang lain.

Katanya, "Beberapa orang harus berjalan menginjak-injak orang lainnya. Ada 76 korban dan 17 di antaranya meninggal dunia."

Menurut para saksi mata, kerumunan orang mencoba masuk ke dalam gelanggang olahraga yang sudah disesaki lebih dari daya tampungnya yang hanya untuk 8.000 orang.

Kata João Silva (37), seorang penonton yang mengalami patah kaki, "Ketika kami mencoba masuk, ternyata ada penghalang. Barisan pertama jatuh…saya ada di barisan lapis ke tiga."

Pertandingan sepak bola di Angola diwarnai insiden yang menyebabkan tewasnya belasan orang. (Sumber BBC)

Domingos Vika (35) mengalami patah tangan. Ia menambahkan, "Ketika mereka mempersilahkan semua masuk, kami sudah berkerumun di gerbang."

Pertandingan antara Santa Rita de Cássia melawan Libolo merupakan bagian dari kejuaraan divisi utama Angola. Polisi dan pejabat olah raga belum memberi komentar.

Menurut BBC, laporan media setempat menyebutkan presiden Jose Eduardo telah memerintahkan penyelidikan kejadian tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.