Sukses

Kunjungi 3 Negara Afrika, Menlu Bawa Misi Penting dari Jokowi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi direncanakan terbang ke Afrika pada akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dijadwalkan melakukan kunjungan ke sejumlah negara di Benua Afrika. Lawatan tersebut rencananya dilaksanakan pada akhir pekan ini.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir menjelaskan ada tiga negara yang akan dikunjungi Retno, yaitu Afrika Selatan, Mesir dan Mozambik.

"Kunjungan bilatarel 5 Febuari dengan Menlu Mesir di Kairo, lalu ke Cape Town Afrika Selatan bilateral pada 6 dan 7 bertemu dengan Menlu Afsel dan dengan kunjungan kerhomatan Presiden Afrika Selatan selanjutnya pada 7-8 Febuari ke Mozambik," ucap pria yang kerap disapa Tata dalam press briefing mingguan Kemlu, Kamis (2/2/2017).

Menambahkan pernyataan dari Tata, Direktur Afrika Kementerian Luar Negeri, Daniel Tumpal Simanjuntak mengatakan, kunjungan tersebut merupakan perwujudan dari proritas hubungan luar negeri yang disampaikan dalam pernyataan pers tahunan menlu (PPTM) awal 2017 ini.

"Pidato PPTM kemarin, Afrika akan menjadi prioritas untuk 2017 yang ditujukan untuk meningkatkan hubungan Indonesia dan Afrika," sebut Daniel.

Ada misi khusus yang dibawa Menlu Retno dan rombongan dalamn kujungan kerja di Afrika. Indonesia melihat banyak peluang dan potensi kerjasama yang dapat digali di benua tersebut.

"Kita juga manfaatkan peluang yang terbuka khususnya di ekonomi," sebut dia.

Selain membuka peluang kerjasama lebih dalam khususnya di bidang ekonomi, Menlu pun turut membawa undangan khusus kepada sejumlah pemimpin Afrika.

"Menlu juga ke Afrika sebagai utusan khusus Presiden Jokowi yang sampaikan undangan kepada kepala negara Afsel dan Mozambik untuk hadir di KTT IORA," ucap Daniel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini