Sukses

India Berduka Atas Kematian Indira, Gajah Tertua di Dunia

Salah satu gajah tertua di dunia, Indira, meninggal dunia di usianya yang sekitar 80-an di selatan India.

Liputan6.com Karnakata - Salah satu gajah tertua di dunia, Indira, meninggal dunia di usianya yang sekitar 80-an di selatan India.

Menurut petugas kehutanan, gajah betina itu sakit dan tak mau makan semenjak awal tahun ini.

Dokter hewan di kamp gajah di negara bagian Karnataka yang merawatnya mengatakan,"usia gajah sejatinya berkisar hingga 70 tahun. Tapi Indira ini kemungkinan berusia 85 hingga 95 tahun."

Dikutip dari BBC, Rabu (1/1/2017), rekor gajah tertua yang pernah tinggal di penangkaran adalah Lin Wang. Ia meninggal di kebun binatang di Taipei pada tahun 2003 di usia ke-86.

India memiliki seekor gajah lagi yang tinggal di negara bagian Kerala. Diduga, seumuran dengan Indira.

Indira dibawa ke kamp Karnataka Sakrebailu, pusat rehabilitasi dan pelatihan gajah, hampir 50 tahun yang lalu.

Dietnya yang termasuk "banyak sayuran hijau" mungkin menjadi rahasia untuk hidup panjang.

Tapi dia berhenti makan pada awal Januari dan menjadi lemah, kata dokter hewan Dr Vinay kepada BBC Hindi. Indira meninggal pada hari Senin 30 Januari 2017 karena adanya "peradangan akut dari peritoneum" dan dimakamkan setelah post-mortem.

"Dia pasti berusia antara 85 sampai 90 tahun. Biasanya, sekitar usia 60-65 tahun, gajah kehilangan gigi geraham," kata Dr Vinay.

"Indira telah melakukan diet makanan lunak selama hampir dua dekade. Sekitar 15 tahun yang lalu, ia kehilangan penglihatannya di satu mata dan sekitar sebulan yang lalu,  dan katarak berkembang di mata lainnya."

Indira tertangkap di hutan Kakkanakote, India pada tahun 1968 dan digunakan untuk membantu menangkap dan menjinakkan gajah liar.

Dr Vinay menggambarkan hewan itu sebagai "gajah yang sangat disiplin dan sangat patuh".

Selain sayuran hijau, Indira diberi makanan dari "padi, beras mentah, tebu dan garam". Petugas kehutanan mengatakan dietnya mungkin telah membantunya hidup panjang.

"Ini tentu saja merupakan subjek untuk studi. Sebuah kehidupan yang lebih panjang adalah sepenuhnya tergantung pada pakan yang diberikan kepada gajah, terutama setelah usia 60 tahun," kata pejabat senior hutan Dr UV Singh kepada BBC Hindi.

"Setiap gajah dengan diet terkontrol dan seimbang dengan semua bahan yang diperlukan diketahui dapat hidup lama."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.