Sukses

Menlu: AS Monitor Langkah RI Selesaikan Masalah Rohingya

Duta Besar AS yang baru Joseph Donovan menyambangi Menlu dan membicarakan sejumlah masalah termasuk soal Rohingya.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat (AS) yang baru, Joseph Donovan menyambangi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Sejumlah masalah yang menjadi isu bersama kedua negara dibahas dalam pertemuan ini.

Menurut Donovan, saat bertemu Retno ia menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara besar di kawasan Asia Tenggara sudah menunjukan komitmen tinggi dalam menjaga keamanan dan stabilitas.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Ibu Menlu yang sudah memainkan peran aktifnya di kawasan ini," sebut Donovan di kantor Kemlu, di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

"Indonesia adalah pemimpin ASEAN dan merupakan pemain kunci di kawasan, dalam konteks itu Indonesia memainkan peran kunci dalam setiap masalah sulit yang ada di kawasan seperti Rohingya," tambah dia.

Menambahkan pertanyaan Donovan, Menlu Retno mengatakan, AS adalah mitra stategis Indonesia. Komitmen Indonesia pun sama seperti AS yaitu ingin meningkatkan hubungan tersebut.

"Sebagai negara paling besar di kawasan Amerika memiliki kepentingan untuk jalin hubungan baik dengan Indonesia dan ASEAN," ujar Retno.

Mantan Duta Besar RI untuk Norwegia ini pun juga berterima kasih atas apreasiasi AS yang menyebut Indonesia berperan dalam menyelesaikan masalah-masalah di Asia Tenggara.

"AS juga mengikuti secara dekat mengenai peran yang coba kita mainkan untuk membantu masalah di Rakhine State. Jadi AS memonitor dari dekat leadership Indonesia dalam rangka bantu menyelesaikan masalah," kata Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini