Sukses

Donald Trump Resmi Jadi Presiden ke-45 Amerika Serikat

Dengan tangan kanan terangkat, Donald Trump mengucap sumpah sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat.

Liputan6.com, Washington, DC - Saat yang dinantikan Donald Trump akhirnya terjadi, Jumat 20 Januari 2017. Dengan tangan kanan terangkat, ia mengucap sumpah sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat.

Sang Istri, Melania Trump bertugas memegang Alkitab.

Tepuk tangan bergemuruh, teriakan 'Yeah', disusul dentuman meriam terdengar usai Donald Trump mengucap sumpah yang dipandu Ketua Mahkamah Agung AS, John Roberts.

"Selamat Bapak Presiden," kata Roberts usai Trump selesai mengucap sumpah.

Trump kemudian mencium sang istri, memeluk keluarganya, serta menyambut uluran tangan Barack Obama yang memberinya ucapan selamat.

Dalam sambutannya, Donald Trump mengajak warga Amerika Serikat untuk membangun negara dan mengembalikan janji kesejahteraan kepada seluruh rakyat.

"Bersama kita akan menentukan jalannya Amerika dan seluruh dunia selama bertahun-tahun yang akan datang," kata Trump.

Ia juga memuji sikap Barack dan Michelle Obama yang membantu proses peralihan kekuasaan secara damai .

"Hari ini kita tidak hanya mengalihkan kekuasaan dari satu pihak kepada pihak lain ... tapi kita sedang memindahkan kekuasaan dari Washington DC dan memberikan kembali kepada Anda, rakyat Amerika Serikat," kata Donald Trump. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.