Sukses

9 Fakta Tragis Laika, Anjing Pertama yang Mengelilingi Orbit Bumi

Laika adalah proyek ambisius antariksa Uni Soviet yang menghebohkan media-media sedunia tahun 1957. Di balik itu, ada pengorbanan tragis...

Liputan6.com, Moskow - Kisah perjalanan Laika, anjing pertama yang mengelilingi orbit Bumi disebut-sebut sebagai salah satu momen hebat dalam sejarah manusia.

Laika adalah proyek ambisius antariksa Uni Soviet yang menghebohkan media-media sedunia tahun 1957. Kala itu, ada 36 anjing yang dikirim ke angkasa luar, sebelum Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang mengelilingi Bumi.

Misi hewan ke angkasa luar adalah bagian dari persaingan Uni Soviet dan Amerika Serikat. Beberapa bulan Setelah berhasil menerbangkan Sputnik, satelit pertama di dunia, pesawat Laika, Sputnik 2 mengorbit. AS pun makin tertinggal dalam teknologi ini.

Media-media AS pun mengkritik keputusan Soviet mengirim anjing ke angkasa luar. Menurut laporan Majalah Time tahun 1957, media barat menyebut program itu sebagai, 'tindakan barbar'.

"Headline menyebut program itu 'pupnik, pooch-nik, sputput dan woofnik'", tulis Time.

Komentar yang paling keras datang dari media Inggris, mereka menulis, "Anjing itu akan mati, kita tak bisa menyelamatkannya."

Akibatnya, kedutaan Soviet di London terpaksa membuat suasana perayaan di kantornya dengan membuat pernyataan, "kami mencintai anjing."

Proyek ambisius itu berakhir dengan meledaknya Sputnik 2, wahana yang membawa Laika. Pada tahun 2002, sebuah laporan menyebut, anjing itu tewas dengan mengenaskan.

Berikut adalah 9 fakta kematian tragis Laika. Anjing kampung yang dikorbankan demi proyek ambisius Soviet. Liputan6.com mengutip dari Listverse pada Minggu (15/1/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Anjing Kampung

Sebelum ikut dalam program angkasa luar itu, Lakia tak punya rumah. Ia adalah anjing kampung yang kerap kali berkeliaran di jalanan Moskow.

Anjing-anjing kampung sepertinya diambil oleh pemerintah Uni Soviet. Sementara AS lebih memilih monyet untuk dikirim ke antariksa, Soviet merasa anjing lebih mudah untuk dilatih.

Mereka punya tim untuk mengambil anjing-anjing tak bertuan di jalanan. Tim yakin, kemampuan hidup anjing di jalanan dianggap bisa bertahan di kerasnya kondisi angkasa luar

Laika, si anjing betina bukan anjing pertama yang diluncurkan bersama roket. Ada anjing bernama Albina yang telah berhasil terbang ke orbit, namun kembali pulang dengan selamat.

Ada anjing lain bernama Muskha. Tapi selama pelatihan, anjing kampung itu merana. Ia takut hingga tak mau makan.

3 dari 10 halaman

2. Mereka Tahu Laika Akan Mati

Tak seperti Albina, Laika tak bakal kembali pulang. Satelit terbaru itu tidak dilengkapi dengan pintu aman. Mereka tahu, Laika tak bakal selamat saat kembali pulang.

Laika akan menghabiskan waktu berhari-hari mengelilingi orbit Bumi dan ia akan dieutanasi dengan makanan beracun.

Laika dipilih karena misi itu sangat keras. Tadinya, Albina akan dipilih lagi, tapi dia tetap di Bumi untuk menghormati jasanya karena telah melakukan pekerjaannya dengan baik.

 

4 dari 10 halaman

3. Proyek Ambisius

Sebenarnya, kematian anjing lucu itu bisa dielakkan. Rencana asli adalah Laika pulang ke rumah.

Namun, semua berubah karena Presiden Nikita Khrushchev. Ia melihat perjalanan Laika adalah propaganda dan ia ingin berlangsung dengan sempurna.

Sang presiden ingin Sputnik 2 terbang di 40 tahun Perayaan Revolusi Bolshevik.

Akibatnya, tim hanya mendapatkan 4 minggu persiapan menyiapkan satelit membawa makhluk hidup untuk ke angkasa luar... tapi tidak cukup untuk menyiapkan teknologi membawanya pulang.

5 dari 10 halaman

4. Berminggu-minggu di Kandang Sempit

Sputnik 2 tak lebih besar dari mesin cuci. Di dalamnya, Laika bahkan tak punya tempat untuk berputar. Dan untuk memastikan ia tak bergerak, ia diikat.

Meski demikian, Laika masih bisa berdiri dan duduk.

Sebelum berangkat, dalam persiapannya, Laika dimasukkan ke dalam kandang yang sempit. Dia dikunci untuk mendapatkan kondisi klausterfobik selama 20 hari.

Dikunci dalam kandang, anjing biasanya akan sembelit meski diberi obat pencahar. Itu adalah satu-satunya cara agar anjing bisa beradaptasi di dalam satelit tersebut, kata para ahli.

6 dari 10 halaman

5. Dimanja, Sebelum Akhirnya tersiksa...

Sehari sebelum memulai misinya, Dr. Vladimir Yazdovsky membawa Laika ke rumahnya. Selama 4 minggu terkahir, Yazdovsky dekat dengan Laika.

Ia adalah orang yang mengambil Laika di jalanan, melatihnya dan yang menunjuknya dalam misi. Dr Yazdovsky membawa Laika pulang agar anak-anaknya bisa bermain dengannya.

 Dr. Vladimir Yazdovsky membawa Laika ke rumahnya. (spaceoddity)

Sebelum momen terakhirnya di Bumi, ia ingin Laika merasakan seperti apa anjing peliharaan yang dicintai keluarga.

"Aku hanya ingin melakukan sesuatu yang indah untuknya. Ia hanya punya sedikit waktu untuk hidup."

Keesokan harinya, di pagi hari di roket yang membawanya ke kematian, Dr Yazdovsky dan timnya mengucapkan selamat tinggal.

"Satu persatu kami menciumnya... salah satu dari stafku mengatakan, ini kecupan terakhir untuknya."

7 dari 10 halaman

6. Laika Ketakutan Setengah Mati

Malangnya, Laika tak jadi berangkat hari itu. Selama tiga hari, ia dikurung di dalam roket menunggu. Ada kerusakan yang harus diperbaiki. Anjing malang itu harus menunggu, kedinginan, dan tak bisa bergerak.

Para ilmuan mengklaim mereka berbuat semampu mungkin untuk merawatnya.

Udara dibuat hangat. Dr. Yazdovsky dan timnya berjaga 24 jam untuk Laika.

Akhirnya, 3 November 1957, Laika pun meluncur... meninggalkan Bumi.

Sebuah catatan menunjukkan, Laika panik. Detak jantung dan nafasnya tiga kali lebih cepat dari kondisi normal.

Namun, saat ia berhasil keluar dari atmosfer dan bobot tubuh menghilang, Laika mulai tenang.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia, makhluk hidup mengambang di angkasa luar, melihat Bumi dan bintang-bintang.

Detak jantungnya mulai normal, Laika mulai tenang, tapi degupnya tak setenang saat ia berada di Bumi.

8 dari 10 halaman

7. Kematiannya Mengerikan

Selama bertahun-tahun, Soviet klaim Laika berhasil hidup di hari pertamanya di angkasa. Mereka mengatakan Laika sempat mengelilingi Bumi selama beberapa hari sebelum akhirnya makan makanannya yang beracun dan mati dengan tenang.

Namun, pada tahun 2002, salah seorang bekas ilmuan di tim itu membocorkan nasib tragis dan brutal Laika.

Anjing malam itu tewas dalam waktu tujuh hari saat ia mengelilingi Bumi untuk keempat kalinya. Kematiannya menyakitkan.

Saat itu, kontrol udara rusak. Wahana makin lama memanas mencapai 40 derajat Celcius. Laika yang sudah tenang jadi panik kembail.

Di Bumi, orang yang mengawasi Laika stres. Ia melihat detak jantung anjing itu makin lama makin cepat, lalu... tak terdengar lagi.

9 dari 10 halaman

8. Satelit Hancur

Setelah lima bulan dan 2.570 kali mengelilingi Bumi, satelit itu menjadi peti mati. Laika jatuh ke Bumi. Satelit itu menciptakan kilatan di langit yang disaksikan banyak orang dan menyebabkan panik warga AS.

"Tak lama setelah tengah malam, pada 14 April 1958, penangkapan UFO terlihat di pantai timur AS," tulis salah satu media.

"Menurut saksi mata cahayanya berwarna putih mewarnai langit dengan kecepatan tinggi, lalu merah dan pecah. Beberapa objek kecil berjatuhan," lanjutnya.

UFO itu adalah Sputnik 2, dan objek kecil adalah bagian dari kapsul tempat Laika tinggal.

10 dari 10 halaman

9. Laika Simbol Impian Liar Manusia

"Dengan hari-hari telah berlalu, aku justru makin merasa bersalah," kata salah satu peneliti dalam tim itu, Oleg Gazenko.

"Kami seharusnya tak melakukan itu. Kami tidak belajar lebih banyak dari misi itu yang membuat kematian seekor anjing," tuturnya penuh penyesalan.

9 Fakta Tragis Laika, Anjing Pertama yang Mengelilingi Orbit Bumi (Wikimedia)

Perjalanannya lebih simbolis daripada ilmiah.

Laika adalah bukti bahwa makhluk hidup bisa bertahan di angkasa luar. Namun, yang terpenting bagi Soviet, mereka adalah negara pertama yang membuktikannya

Meski demikian, Laika menjadi simbol impian liar bagi manusia untuk berkelana ke luar angkasa. Kurang dari empat tahun setelah Laika, Yuri Gagarin adalah manusia pertama di antariksa dan ia bisa kembali pulang ke Bumi dengan aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.