Sukses

'Horor' Ratusan Juta Kupu-kupu Meneror Australia, Fenomena Apa?

Warga Brisbane akan melihat banyak kupu-kupu tiap harinya selama satu hingga dua bulan ke depan.

Liputan6.com, Brisbane - Ratusan juta kupu-kupu telah meneror Brisbane, Australia dalam sebuah migrasi dramatis yang fenomenal.

Momen penuh horor itu rupanya kerap terjadi tiap 10 tahun sekali kala kupu-kupu jenis Caper White bermigrasi dari barat ke Great Dividing Range untuk bertelur.

Dikutip dari News.com.au, pada Minggu (6/11/2016), petani kupu-kupu Ross Kendall mengatakan kenaikan jumlah hewan itu di seluruh Brisbane bisa membawa keuntungan bagi kawasan barat.

"Jika cuaca di kawasan barat cocok, mereka akan berkembang-biak hingga juaan," kata Kendall.

"Tahun lalu, kami tidak mengalami migrasi besar-besaran. Tapi sekarang kami melihat fenomena itu. Ada kemungkinan hujan cukup baik di wilayah barat," tambahnya.

Kendall mengatakan, warga akan melihat banyak kupu-kupu tiap harinya selama satu hingga dua bulan ke depan.

"Saya yakin, sekarang ada puluhan juta yang tengah terbang di kawasan pantai timur," ucap Kendall.

"Migrasi masif biasanya terjadi pada akhir Oktober atau awal November dan mereka akan terus-menerus bertelur dan berkembang biak hingga musim berganti," terang petani kupu-kupu itu.

Kendall menambahkan, fenomena alam ini bukanlah pertama kalinya terjadi di Brisbane.

"Saya ingat 10 tahun lalu, kita juga mengalami migrasi masif. Kala itu, orang-orang protes karena kaca depan mobil mereka tertutup kupu-kupu dan hewan itu juga masuk hingga ke radiator," kenang Kendall.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini