Sukses

3 Serangan 'Ganas' Kutu Kepala Ini Bisa Bikin Anda Merinding

Mereka yang dijangkiti kutu rambut niscaya tersiksa dengan rasa gatal yang tak tertahankan gara-gara parasit itu.

Liputan6.com, Culiacan - Binatang kecil itu bernama Latin Pulex irritans. Di Indonesia ia dikenal sebagai kutu rambut atau tumo dalam Bahasa Jawa.

Mereka yang dijangkiti kutu rambut niscaya tersiksa dengan rasa gatal yang tak tertahankan. Sebab, hewan itu adalah parasit penghisap darah, yang menyedot cairan merah itu dari kulit kepala.

Kutu betina mampu bertelur enam buah sehari. Telur ini selalu melekat dengan kuat pada rambut -- dan akan menetas dalam waktu kurang lebih 8 hari. Itu mengapa kutu yang hinggap di kepala manusia bisa mencapai jumlah tak terhingga.

Berikut 3 serangan dahsyat kutu kepala yang bisa bikin Anda merinding:

1. Telur Kutu Memenuhi Rambut

Sebuah video diunggah ke media sosial Facebook. Isi tayangan adalah rambut kepala seorang anak perempuan yang mendapat serbuan ganas kutu kepala.

Dikutip dari Daily Mail pada Selasa (11/10/2016), ketika dilakukan zoom atau perbesaran pada tayangan, tampaklah titik-titik putih bertaburan di akar rambut berwarna hitam. Lengkap dengan serangga-serangga yang menggeliat-geliat.

Karla Mendoza, dari Meksiko, mengunggah video ini ke Facebook, bersama-sama dengan beberapa gambar dan video lain tentang putrinya, Aranza, yang menjalani perawatan oleh seorang penata rambut.

Penata rambut itu terdengar berujar dalam bahasa Spanyol dan menyebut itu adalah kasus terburuk yang pernah disaksikannya.

Dalam tayangan, nampak seorang wanita lain yang mengenakan sarung tangan menguakkan rambut itu supaya kamera bisa fokus pada mahluk-mahluk kecil di kulit kepala anak berusia 8 tahun tersebut.

Jauh di dasar rambut terlihat bintik-bintik putih yang sebenarnya adalah telur-telur kutu.

Kutu kepala bisa berumur cukup panjang jika tidak segera dibasmi. (Sumber Karla Mendoza)

Video-video lain di laman Facebook milik Mendoza menayangkan seorang penata rambut yang mengenakan topi dan masker sedang serius menangani rambut yang jadi sarang kutu itu.

Serangga-serangga putih menempel pada sisir hitam yang dipakainya, lalu ada tayangan sebuah wadah yang dipenuhi rambut. Kutu pun tampak di sana.

Kutu kepala adalah serangga tak bersayap yang hidup secara eksklusif dengan menghisap darah manusia walaupun tidak berbahaya.

Kutu kepala menyenangi lipatan leher dan daerah di belakang telinga, sebagaimana terlihat dalam video ketika kamera melakukan zoom untuk mencari serangga itu.

Kutu kepala bisa berumur cukup panjang jika tidak segera dibasmi.

Ayo simak videonya di sini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ribuan Kutu di Kepala Pria

Kepala pria ini jadi sarang kutu. Dalam video yang dilansir dari Mirror.co.uk pada 2015 lalu terlihat, setiap binatang kecil di kepala pria ini nampak merangkak naik turun pada setiap helaian rambutnya.

 

Ratusan, mungkin ribuan kutu rambut merangkak perlahan di kepala dan sekitar dahi pria ini.

Tak sedikit netizen yang melihat video itu merasa jijik. Saking banyak dilihat, rekaman tersebut telah dikunjungi lebih dari 1,2 juta kali.

"Saya belum pernah melihat kutu sebelumnya, menonton ini membuat saya mual ..." kata salah satu pengguna situs berbagi video ternama.

 Setiap kutu nampak merangkak naik turun disetiap helai rambutnya saat kamera menyorotnya secara perlahan.

 "Lupakan pengobatan, cukurlah habis rambut di kepala Anda," tambah salah satu pengguna lainnya.

3 dari 3 halaman

3. Penampakan Sisir Penuh Kutu

Kutu-kutu juga membuat seorang gadis cilik berusia 7 tahun menderita bukan kepalang. Sekali sisir rambut si anak, puluhan kutu dan telurnya pun tersangkut. Hii....

Mengacu laporan San Francisco Globe yang mengutip dari Mayo Clinic, kutu rambut adalah serangga kecil tak bersayap yang bersifat parasit. Dalam kasus ini, kutu-kutu itu telah berkembang biak di kulit kepala dan jelas terlihat di pangkal leher dan di atas telinga.

Kutu rambut berusia 30 hari dan kutu betinanya mengeluarkan 6 telur setiap hari, sehingga pembiakannya terjadi sangat cepat.

Seorang anak perempuan berusia 7 tahun di Chile sedang disisir rambutnya oleh sang ibu.

 

Dalam video di atas tak dijelaskan mengenai lamanya kutu-kutu itu bersarang di rambut si anak.

Kutu rambut sangat mudah menyebar sehingga harus ditangani dengan tepat, misalnya dengan salep dan sampo khusus untuk membasmi kutu. Setelah itu, barulah rambut dibilas menggunakan cuka.

Memotong pendek rambut penderita juga membantu penyembuhan.Yang tidak kalah penting adalah pembersihan segala benda yang berhubungan dengan penderita, semisal sikat gigi, mainan, tempat tidur, dan pakaian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.