Sukses

Aksi 'Dewa Pengemudi' Membalikkan Bus di Jalan Sempit

Seorang supir bus di kota Xingtai, provinsi Hebei, melakukan U-turn di ruang sempit ketika melihat banjir di depannya.

Liputan6.com, Xingtai - Seorang pengemudi bus di China mendapat julukan "dewa mengemudi" oleh media setempat setelah mempertunjukkan putaran balik (U-turn) bus yang dikemudikannya dalam suatu ruas jalan yang sempit. Seakan tidak mungkin dilakukan.

Dikutip dari Daily Mail pada Jumat (22/7/2016), pengemudi itu sedang mengemudikan bus di suatu jalanan di Xingtai, provinsi Hebei, China, pada 19 Juli lalu dan melihat ada banjir tinggi di depan.

Menurut People's Daily, pengemudi yang tidak disebutkan namanya itu melakukan pemutaran balik karena ingin menghindari banjir yang cukup tinggi sehingga kendaraannya tidak bisa melintas.

Karena tidak ada pilihan lain, ia membuat putaran balik yang rumit dan dilakukan hanya dalam hitungan detik, kemudian melanjutkan perjalanan ke arah berlawanan guna menghindari banjir.

Kejadian ini dilihat seorang warga yang mengamati dan merekamnya. Video keterampilan pengemudi bus ini kemudian diunggah ke dunia maya.

Tayangan itu sempat menjadi 'trending topic' di situs Weibo, sejenis layanan Twitter versi China. Seorang pengguna mengatakan, "Pengemudi tua ini pantas dikagumi."

Seorang supir bus di kota Xingtai, provinsi Hebei, melakukan U-turn di ruang sempit ketika melihat banjir di depannya. (Sumber NetEase via Shanghaiist.com)

Seorang lainnya berkomentar, "Maha guru, bolehkah saya meminta Anda membuka kursus mengemudi?"

Banjir Berkepanjangan

Provinsi Hubei merupakan salah satu provinsi yang paling terdampak parah oleh banjir yang melanda negeri ini.

Lebih dari 230 orang telah kehilangan nyawa terkait banjir yang melanda 28 provinsi China tersebut. Menurut Shanghai Daily, kerugian ekonomi langsung diperkirakan senilai 147 miliar yuan (Rp 288,6 triliun).

Bagian selatan dan timur China telah terdampak paling parah, dan masih ada kemungkinan banjir lanjutan.

Saksikan kepiawaian supir bus itu di sini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • bus