Sukses

Berhasil Kabur, Napi Kembali ke Penjara untuk Jemput Teman

Seorang narapidana rela kembali ke penjara untuk menjemput temannya ketika ia sendiri berhasil melarikan diri.

Liputan6.com, Fairbanks - Demi persahabatan, seorang narapidana yang berhasil melarikan diri memutuskan kembali ke penjara untuk menjemput teman-temannya. Niatnya itu gagal setelah ia berhasil diamankan.

Dikutip dari newsminer.com pada Selasa (24/5/2016), seorang pria bernama, Joshua Yaska asal Kota Fairbanks, negara bagian Alasaka, berhasil kabur dari penjara North Star Center. Narapidana itu melarikan diri pada Minggu 22 mei, tepatnya pukul 01.05 dini hari waktu setempat.

Petugas North Star Center melaporkan, mereka melihat Joshua menggunakan sepeda untuk kabur. Namun sekitar jam 4.20 pagi, Joshua kembali ke North Star Center dengan mengendarai sebuah SUV Isuzu berwarna perak.

Polisi negara bagian Alaska menduga, Joshua menggunakan mobil itu "untuk mencoba membantu kaburnya tahanan-tahanan lain". Napi nekat itu dilaporkan tak hanya sekadar menjemput, dengan mobil yang dikendarainya ia bahkan menabrak seorang sipir penjara.

Joshua yang ditahan akibat kasus pencurian itu tengah menunggu proses persidangan. Ia awalnya menolak memenuhi panggilan pihak kepolisian, hingga tenggat yang ditetapkan ia tidak muncul.

Polisi akhirnya memutuskan untuk menangkap paksa Joshua. Setelah insiden kabur dari penjara dan atas tindakannya berusaha membantu narapidana lain melarikan diri serta menyerang petugas, pria itu pun kini diharuskan menghadapi sejumlah dakwaan lain.

North Star Center adalah fasilitas pemasyarakatan milik negara bagian yang diperuntukkan bagi 143 tahanan dengan kejahatan ringan karenanya penjara ini memiliki tingkat keamanan minimum.

Para petugas di sana tidak diijinkan untuk menggunakan kekerasan fisik dalam menghadapi tahanan. Para tahanan di  North Star Center dapat dikenakan dakwaan tambahan jika pergi tanpa ijin.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.