Sukses

RI Dorong PBB Perkuat Kerjasama Selatan-Selatan

Di markas besar PBB, Indonesia kembali menyuarakan pentingnya kerjasama selatan-selatan (KSS).

Liputan6.com, Jakarta Pentingnya kerjasama selatan-selatan (KSS) kembali disuarakan RI di Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kali ini masalah tersebut kembali digaungkan dalam sesi ke-19 High-level Committee on South-South Cooperation 16-19 Mei 2016 di New York.

"PBB perlu perkuat manfaat kerjasama selatan-selatan untuk Indonesia dan negara-negara berkembang lain," ucap Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Esti Andayani, Kamis (19/5/2016). 


Esti menyebut, penguatan dukungan terhadap KSS dapat dilakukan dengan sebuah rencana aksi yang terintegrasi. Rencana aksi ini ditujukan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals.

Tak hanya itu, RI juga mengharapkan peningkatan peran badan-badan khusus PBB yang terkait dengan KSS.
 
Melalui peningkatan peran itu, upaya-upaya untuk mewujudkan kesejahteraan negara-negara berkembang diyakini bisa terwujud di masa mendatang.

Senada dengan Esti, Dubes RI untuk PBB, Dian Triansjah Djani menyebut, di dalam negeri, Indonesia telah mencoba memulai meningkatkan peran KSS. KSS dipercaya dapat menjadi salah satu sarana strategis dalam mencapai tujuan pembangunan, termasuk dalam RPJMN 2015-2019.

"Di arena internasional, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling aktif menghidupkan KSS, pada level bilateral, regional, dan multilateral," paparnya.

"Komitmen KSS Indonesia telah dimulai sejak penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 yang telah melahirkan Gerakan Non-Blok," tegas Dubes Djani.

Kerjasama selatan-selatan merupakan sebuah istilah historis yang digunakan untuk menggambarkan relasi antar negara kawasan selatan dunia. Negara yang terletak di belahan bumi bagian selatan seperti negara di bagian Afrika, Asia, dan Amerika Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.