Sukses

Top 3: Wajah di Balik 'Man in the Iron Mask' Terkuak?

Man in the Iron Mask adalah salah satu tahanan paling terkenal dalam sejarah Prancis. Tidak ada yang tahu siapa sosok di balik topeng itu.

Liputan6.com, Jakarta - Man in the Iron Mask adalah salah satu tahanan paling terkenal dalam sejarah Prancis. Tidak ada yang tahu pasti siapa sosok di balik topeng tersebut.

Nama dan alasan kenapa pria bertopeng tersebut dipenjarakan masih dipertanyakan hingga kini. Namun, ada beberapa teori muncul untuk memecahkan misteri yang menyelubungi keberadaan nya itu.

Artikel mengenai misteri sosok di balik topeng ini menjadi bacaan yang paling diburu oleh pembaca Liputan6.com kanal Global edisi Senin (9/5/2016) pagi.

Selain artikel itu, dua artikel lainnya yang tidak kalah menarik adalah planet Merkurius tutupi matahari pada 9 Mei 2016 dan rumor prediksi kiamat pada 9 Mei 2016 tersebar di internet.

Top 3 Global Selengkapnya:

1. Misteri 'Man in the Iron Mask' Terkuak Setelah 350 Tahun?

Ilustrasi Man in The Iron Mask dari tahun 1872 (Wikipedia)

Tak ada yang tahu identitas L'Homme au Masque de Fer atau The Man in the Iron Mask asal Prancis. 

Julukan 'pria bertopeng besi' tersebut diberikan untuk seorang tahanan yang mendekam sebagai Eustache Dauger sejak tahun 1669 atau 1670.

Ia ditahan di sejumlah penjara, Bastille juga Benteng Pignerol. Selama 34 tahun mendekam dalam bui pria itu ditemani Bénigne Dauvergne de Saint-Mars -- tahanan yang diyakini sebagai penjaganya.

Selengkapnya...

2. Fenomena Langka, Merkurius Tutupi Matahari pada 9 Mei 2016

Planet Merkurius Akan Transit di Matahari

Hari ini, 9 Mei 2016, akan terjadi fenomena alam langka, di mana Merkurius akan transit melewati Matahari selama tujuh jam. 

Sebelumnya, transit Merkurius terjadi pada tanggal 8 November 2006 dan peristiwa berikutnya akan terjadi pada 11 November 2019.

"Fenomena langka itu pernah terjadi pada 2006, butuh waktu sekitar 10 tahun untuk menyaksikan fenomena alam ini di mana Planet Merkurius memiliki periode orbit selama 88 hari, sehingga menjadi pengorbit tercepat di Tata Surya," ujar Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kelas I Kupang, Hasanuddin, kepada Antara di Kupang.

Selengkapnya...

3. Rumor Prediksi Kiamat 9 Mei 2016 Tersebar di Internet

Menurut ilmuwan, proses kiamat bisa jadi sudah dimulai. Alam semesta diklaim sudah memasuki tahap awalnya.

Sebuah rumor mengenai prediksi datangnya hari kiamat kembali beredar di internet. Kali ini kabar tersebut datang dari salah satu akun situs berbagi video, The Prophetico.

Dalam penjelasan yang terdapat di videonya, ia mengatakan bahwa sejajarnya planet-planet pada 9 Mei 2016 dan dihubungkan dengan rasi bintang, menandakan bahwa akhir kehidupan Bumi semakin dekat.

Ia mengaitkan fenomena tersebut dengan salah satu kitab suci.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini