Sukses

Jokowi Beber 4 Poin Penting Pertemuan Trilateral 3 Negara

Hal pertama yang akan dibahas dalam pertemuan trilateral 3 negara di Yogyakarta adalah tentang patroli bersama.

Liputan6.com, Sleman - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan menteri luar negeri dan panglima dari tiga negara di Gedung Agung Yogyakarta, dalam rangka pertemuan trilateral. Selain dari Indonesia, 2 perwakilan asing berasal dari Malaysia dan Filipina.

Jokowi mengatakan ada empat hal yang menjadi pembahasan pertemuan tiga negara ini. Nantinya hal tersebut akan dibahas para panglima tiga negara dan menlu lebih detail.

Hal pertama yang akan dibahas dalam pertemuan itu adalah tentang patroli bersama.

"Panglima dari Indonesia, Malaysia dan Filipina diharapkan ada empat hal penting. Pertama kerjasama untuk patroli bersama. Jika nanti di lapangan, seperti apa nanti lebih detail," ujar Jokowi di Gedung Agung Kamis (5/5/2016).

Poin selanjutnya dalam pertemuan trilateral tersebut, menurut Jokowi, tentang koordinasi yang harus dilakukan jika menemukan permasalahan di tiga negara terkait.

"Kedua, jika terjadi (kasus) di lapangan (saat berpatroli), tindakan apa yang dilakukan. Ketiga, membuka informasi secepat-cepatnya antara crisis center hotline di sini dengan Filipina dan Malaysia," ujarnya.

Sementara yang keempat agar masing masing negara harus membuat SOP (standard operating procedure), jika ada kasus kasus tertentu. Sehingga nantinya ada standar yang baku saat menghadapi masalah di perbatasan tiga negara.

"Panglima sudah kami arahkan agar membuat standar yang jelas, kita mau kerja bersama sama," ujar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini