Sukses

Detik-detik Menegangkan Baku Tembak ISIS dan Pashmerga

Sebuah video berdurasi 6 menit yang diambil dari helm kelompok teroris itu memperlihatkan aksi mereka menyerang pasukan Pashmerga Kurdi.

Liputan6.com, Mosul - ISIS sangat suka mengabadikan gambar-gambar ketika mereka mengambil alih dengan kejam daerah perminyakan menjadi bagian dari kekuasaan mereka.

Namun, ada peristiwa mengerikan di balik propaganda penyerangan itu.

Sebuah video berdurasi 6 menit diambil dari kamera yang dipasangkan pada helm anggota kelompok teroris itu, menunjukkan aksi mereka saat mencoba menyerbu pasukan Peshmerga Kurdi di Irak.

Kelompok Peshmerga Kurdi adalah kelompok pejuang Kurdi yang melawan ISIS pada garis depan.

Video tersebut memperlihatkan bagaimana para teroris ISIS dengan kejam dan menggebu-gebu ingin menjatuhkan pasukan Peshmerga dengan menggunakan sebuah tank yang dipenuhi oleh roket luncur dan senapan AK-47.

Di dalam rekaman yang dikutip dari Daily Mail, Jumat (29/4/2016), terlihat seorang militan ISIS mencoba menembak pejuang Peshmerga dengan menggunakan senapan api. Alih-alih mengenai para pejuang itu, kelompok teroris tersebut malah mengenai rekannya.

Keamatiran pasukan ISIS itu sangat terlihat jelas saat menggunakan senjata dan roket. Bukannya mengenai lawan, kelompok teroris itu malah melukai sesamanya yang berada di dalam tank tersebut.

Panik pun mulai melanda kelompok teroris itu, beberapa dari mereka pun terlihat bingung saat akan menggunakan roket itu ditembakkan kepada kendaraan musuh atau kepada musuh.

Kemudian prajurit yang kebingungan itu mengambil sebuah roket dan mengangkatnya dengan terhuyung-huyung. Ketika dia menembakkan roket tersebut, asap dan serpihan api memenuhi kendaraan mereka dan melukai seorang militan yang menggunakan kamera di helmnya.

Kegaduhan pun terus berlangsung selama penyerangan kelompok tersebut. Sebelum sempat meluncurkan roket yang kedua, tank yang mereka kendarai pun terkena hantaman roket Kurdi, dan membunuh sopir tank.

Teroris ISIS itu pun berhamburan keluar dari tank, mencoba untuk tetap melakukan perlawanan dan menyelamatkan diri.

"Aku tertembak," kata seorang dari mereka.

Kamera berisi rekaman kejadian itu kemudian diambil kembali dari medan perang yang berjarak 30 mil dari utara Irak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.