Sukses

Unik, Poster Wisata Luar Angkasa Bergaya Retro

NASA mengeluarkan sejumlah koleksi poster wisata angkasa bergaya retro sebagai bagian dari mimpi besar manusia berwisata ke angkasa.

Liputan6.com, Pasadena - Wisata luar angkasa sepertinya masih dalam angan-angan. Namun, setidaknya kita bisa membayangkan perjalanan itu melalui sejumlah poster bergaya retro yang dirilis Jet Propulsion Laboratory (JPL) di NASA belum lama ini.

Bersama bantuan perusahaan desain Invisible Creature, JPL menciptakan sejumlah poster retro berwarna-warni terkait wisata luar angkasa.

Dikutip Daily Mail, Rabu (10/2/2016), koleksi poster terbagi ke dalam 3 tema, berfokus pada planet yang pernah dikunjungi wahana Voyager ke bulan Enceladus yang mengelilingi planet Saturnus, dan planet Mars.

Melalui blog, Don Clark dari Invisible Creature mengungkapkan, “Kami merasa terhormat dan beruntung untuk bisa terlibat dalam proyek yang menakjubkan ini. “

“Ketika teman kami, Joby Harris, seorang ahli strategi visual NASA JPL menanyakan apakah kami tertarik membuat ‘poster wisata’ untuk NASA musim gugur lalu, tentu saja orang-orang sudah bisa menebak tanggapan kami,” kata Clark.

Poster wisata angkasa keluaran NASA Jet Propulsion Laboratory. (Sumber NASA via Daily Mail)

Salah satu poster berjudul ‘The Grand Tour’-- Wisata Agung -- mengenang misi NASA menggunakan Voyager yang berhasil mendapatkan foto-foto mengesankan ketika menjelajahi Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus dengan memanfaatkan gravitasi setiap planet.

Poster kedua berfokus kepada tujuan, bukan semata perjalanannya, memperlihatkan Enceladus, salah satu bulan di planet Saturnus.

Dalam poster itu terdapat keterangan, ‘Kunjungilah Selatan Enceladus nan Indah’, dengan gambar pasangan dan hewan piaraan berdiri di atas bulan Saturnus yang ber-es. Salain itu, ada pula tulisan, ‘Pesan sekarang juga.’

“Temuan semburan es Enceladus dan perannya dalam menciptakan cincin sekeliling Saturnus menjadi salah satu temuan terpenting dalam misi Cassini,” kata Clark, 

“Temuan lanjutan misi Cassini mengungkapkan bukti kuat adanya lautan luas dan tanda-tanda pertama dari kegiatan hidrotermal di luar Bumi-- sehingga bulan kecil Saturnus ini menjadi lokasi utama dalam pencarian kehidupan di luar Bumi.”

Sementara itu, tema terakhir yang berada lebih dekat tapi sukar diraih adalah planet Mars. Poster dipenuhi dengan gambar-gambar roket, pesawat terbang, dan pertanian, memberikan kesimpulan bahwa planet berdebu itu dapat dihuni.

Unggahan blog tersebut mengungkapkan, “Progam penjelajahan Mars oleh NASA dilakukan untuk mencari tahu apakah Mars dulu, sekarang, atau nantinya bisa menjadi planet yang layak dihuni.”

Poster wisata angkasa keluaran NASA Jet Propulsion Laboratory. (Sumber NASA via Daily Mail)

Untuk mewujudkan impian wisata luar angkasa, pihak Gedung Putih telah meminta anggaran US19 juta (Rp 254 miliar) kepada Kongres AS guna keperluan badan antariksa itu. Namun pengalaman wisata angkasa untuk manusia masih memerlukan waktu yang cukup lama.

Poster-poster ini memberikan perasaan bahwa kita sudah semakin dekat dengan perjalanan harian ke ruang angkasa. Namun, hingga kini belum ada perkembangan yang bisa mendukung ini.

Sayangnya, poster gagasan itu hanya tersedia bagi para karyawan NASA, ilmuwan, insinyur, dan sejumlah pejabat pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini