Sukses

Serangga Baru Ditemukan

Gabungan peneliti yang berasal dari Italia dan Spanyol menemukan serangga baru. Penemuan tersebut membutuhkan waktu setidaknya 10 tahun

Liputan6.com, Balearic : Meski manusia dikenal sebagai mahluk cerdas, namun bukan berarti manusia dapat dengan mudah menjelajah dan menaklukkan alam berserta mahluk yang tersebar di dalamnya. Buktinya hanya untuk membedakan mahluk satu dengan mahluk lainnya dibutuhkan waktu lama. Itulah yang terjadi pada sekelompok ilmuwan dari Universitas Granada, Spanyol dan Universitas Tuscia, Italia saat mereka meneliti hewan Tyrrhenoleuctra Antoninoi yang hidup di Mediterania Barat. Tim membutuhkan waktu setidaknya 10 tahun untuk memastikan penemuan serangga baru.

Lalu mengapa memakan waktu demikian lama? Rupanya serangga yang berasal dari keluarga Tyrrhenoleuctra plecoptera ini harus terlebih dulu diteliti baik morpologis ataupun genetis guna memastikan apakah ia merupakan spesies baru atau bukan. Hasilnya para peneliti yang terdiri dari peneliti dari Spanyol dan Italia ini sukses membuktikan hewan yang berasal dari wilayah Mediterania ini benar-benar serangga baru. Bahkan para ilmuwan melakukan pembedaan hingga level molekuler yang berbasis DNA. "Hasil yang berhasil ditemukan dan telah dipublikasikan menunjukkan populasi Tyrrhenoleuctra sejatinya kelompok tersendiri dan membutukan status khusus", ujar José Manuel Tierno de Figueroa, salah seorang peneliti dalam tim, seperti dikutip Sciencedaily.

Spesies ini dapat ditemukan di aliran air dan sejumlah laut yang kaya dengan oksigen. Nama Tyrrhenoleuctra Antoninoi sendiri diberikan sebagai penghormatan terhadap Antonino Sánchez-Ortega yang telah lama meneliti hewan ini. (DIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini