Sukses

Polisi Gerebek 'Pertanian' Hidroponik Ganja

Menurut polisi, ada 653 batang tanaman ganja di dalamnya.

Liputan6.com, Sydney - Pihak kepolisian baru saja menggerebek suatu pertanian hidroponik di Mascot, di kawasan pinggiran kota Sydney, Australia. Sebab tanaman yang dikembangbiakkan di kompleks hidroponik itu terlarang yakni mariyuana.

Mengutip laporan Sydney Morning Herald yang dikutip Sabtu (7/11/2015), nilai jual mariyuana di jalanan lebih dari Rp 30 miliar. Kompleks hidroponik ini sendiri dijalankan di dalam kawasan industri Chalmers Crescent dan mendapat pasokan daya listrik menggunakan puluhan titik pembagi listrik dengan kabel-kabel listrik yang malang melintang.

“Kompleks itu adalah suatu tempat hidroponik yang sangat luas. Para tersangka jelas telah mengeluarkan banyak waktu dan uang untuk membangunnya,” Kata Inspektur Detektif Kepala Stuart Bell yang memimpin kesatuan Redfern Region Enforcement Squad.

Penggerebekan itu sendiri dilakukan pada Kamis lalu sekitar jam 16.30. Menurut polisi, ada 653 batang tanaman ganja di dalamnya.

Dua orang keturunan Vietnam berusia 38 tahun dan 53 tahun diringkus setelah penghentian sebuah mobil di Sydenham di dekat tempat kejadian. Mereka berasal dari Earlwood dan Footscray, Melbourne, lalu dibawa ke pos polisi di Newtown dengan tuduhan telah memelihara tanaman terlarang dalam jumlah besar atau skala industri.

Selain itu, mereka dituduh telah menggunakan pasokan listrik secara tidak resmi.

Teknologi hidroponik untuk tanaman memberikan panenan sambil menghemat penggunaan ruang, air, dan sejumlah sumber daya lainnya. (Sumber NSW Police Media Unit via SMH)

Stuart Bell menuturkan, pria-pria itu jelas memiliki pengetahuan kelistrikan sehingga bisa mencuri daya untuk sebuah pabrik sewaan.

“Ada foto salah satu dari 3 blok peralatan listrik. Mereka mencuri daya dari substasiun listrik di seberang. Kami harus menghubungi pihak terkait untuk mencabut dan mengamankannya.”

“Pastilah ada sejumlah jalan pintas kelistrikan di dalam situ, karena mereka tidak ingin membayar biaya tinggi untuk menjalankan pabrik itu. Selain itu, hal ini untuk menghindari deteksi oleh penegak hukum.”

Bukan hanya itu, ada sejumlah bukti para tersangka sedang akan memperluas usahanya.

“Ada sejumlah peralatan baru yang belum dipakai.”

Pabrik ini terungkap sebagai bagian dari penyidikan yang sedang berjalan. Dua pria itu tidak diijinkan memberikan uang jaminan dan dijadwalkan menghadap pengadilan di Central Local Court pada Jumat 13 November.

Ada lebih dari 93.000 kejadian penyitaan obat terlarang terjadi pada kurun waktu 2013 sampai 2014. Tahun ini terjadi peningkatan 7% dari tahun sebelumnya.

Lebih dari 27 ton obat terlarang disita pada rentang waktu tersebut, lebih banyak daripada jumlah 20 ton pada rentang waktu 12 bulan sebelumnya.

Pada September lalu, ada 723 batang tanaman ganja disita dari sebuah gudang di Riverstone, di kawasan barat laut kota Sydney.

(Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.