Sukses

Korsel: Korut Luncurkan Tujuh Misil Lagi

Korea Utara melakukan uji coba meluncurkan tujuh misil dari lepas pantai timurnya menjelang hari kemerdekaan Amerika Serikat. Misil-misil ini memiliki jarak yang relatif jauh, cukup untuk meliputi seluruh Korea Selatan.

Liputan6.com, Seoul: Korea Utara melakukan uji coba meluncurkan tujuh misil dari lepas pantai timurnya menjelang hari kemerdekaan Amerika Serikat. Seorang pejabat Korea Selatan pada Sabtu (4/7) mengatakan ini merupakan sebuah langkah yang bermotivasi politik.

"Korea Utara menembakkan tujuh rudal yang tampaknya merupakan tipe Scud, menuju Laut Timut dari pangkalan Gitdaeryong tidak jauh dari Wonsan, Provinsi Gangwon," ujar sumber yang tak mau disebut namanya ini. Rudal-rudal yang diperkirakan dapat menempuh jarak 400 hingga 500 kilometer ini diluncurkan antara pukul 08.00 hingga 08.30 waktu setempat.

Awal pekan ini, Korea Utara menembakkan secara serentak empat misil KN-01 dari pangkalan Sinsang-ni di Provinsi Hamgyong Selatan, ke Laut Timur. Sebelumnya, Korea Utara meluncurkan roket jarak jauh pada April lalu dan melakukan uji coba nuklir bulan berikutnya.

Pejabat itu mengatakan bahwa misil-misil yang ditembakkan kali ini jauh lebih berbahaya daripada empat yang ditembakkan sebelumnya karena memiliki jarak yang relatif jauh, cukup untuk meliputi seluruh Korea Selatan. Korea Utara diyakini memiliki hampir 700 misil Scud dari berbagai tipe.(ANTARA/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.