Sukses

16-10-690: Brutal dan 'Nakal', Misteri Kaisar Perempuan Tiongkok

Selama berabad-abad, Wu Zetian dicela oleh para sejarawan. Namun, pada masa pemerintahan kaisar perempuan itu Tiongkok sejahtera.

Liputan6.com, Jakarta - Kekaisaran Tiongkok punya sejarah panjang, hampir 4.000 tahun. Selama itu, hanya ada satu kaisar perempuan: Wu Zetian. Memerintah pada Abad ke-7 Masehi, Wu menjadi penguasa yang kontroversial dan memegang kekuasaan sedemikian besar. Meski memiliki segudang prestasi, karakter aslinya tetap misterius, diselubungi narasi bernada penghinaan. Ini salah satunya: "Ia berhati ular dan memiliki sifat seperti serigala," demikian Liputan6.com kutip dari situs Smithsonian.com. Sejarawan lain menulis, "Ia membunuh saudarinya sendiri, membantai kakak-kakak lelakinya, membunuh para penguasa, dan meracuni ibunya. Ia dibenci para dewa juga manusia." Selama berabad-abad, Wu dicela oleh para sejarawan. Digambarkan sebagai sosok perampas yang kejam dan perempuan 'nakal'. Sosoknya yang menonjol bahkan disebut-sebut karena kesediaannya memenuhi selera seksual Kaisar Taizong yang tak biasa.

 

Artis China Fan Bingbing memerankan Maharani Wu Zetian dalam drama  'The Saga of Wu Zetian' (China Daily)

Namun seberapa akurat gambaran tersebut, masih jadi perdebatan sengit. Mungkin benar, demikianlah kelakuan sang maharani. Atau jangan-jangan sejarah ditulis oleh mereka yang berseberangan. Yang jelas perjalanan Wu menuju takhta diwarnai intrik kekuasaan. Lahir pada 624 Masehi, ia masuk ke istana pada usia 14 tahun. Sebagai selir Kaisar Taizong, penguasa Dinasti Tang yang lebih pantas jadi kakeknya. Ia tak hanya cantik. Orangtuanya yang kaya dan dari kalangan darah biru memberinya bekal pengetahuan menulis, membaca sastra klasik China. Wu juga pandai main musik. Kelebihannya itu yang konon membuat Wu menonjol dari perempuan lain di istana. Membuatnya mampu bersaing dengan selir-selir yang jumlahnya hampir 30 orang. Kaisar menjadikannya sebagai favorit. Pada 649, sang penguasa mangkat. Seperti selir-selir lainnya, ia dikirim ke biara untuk menghabiskan masa hidupnya di sana. Namun, tak butuh waktu lama baginya untuk kembali ke istana. Pesona Wu memikat sang pewaris takhta, Kaisar Gaozong -- yang menjadikannya selir 3 tahun setelah ayahnya tiada. Wu secara bertahap mendapatkan kepercayaan dan dukungan Gaozong. Setelah melahirkan 2 putra, ia mulai bersaing dengan Ratu Wang dan selir senior Xiaoshu untuk memperebutkan perhatian sang kaisar. Untuk mencapai tujuannya, Wu menghabisi orang-orang yang menghalangi jalannya. Ia bahkan sampai hati membunuh putrinya sendiri yang masih bayi dan menjadikan Ratu Wang -- yang terakhir memegang bocah itu -- sebagai kambing hitam. Setelah berhasil menjadi ratu pada 655, Wu memerintahkan Wang dan selir Xiaoshu dihabisi. Jasad keduanya bahkan dimutilasi dan dimasukkan dalam tong anggur. Wu juga mengangkat kerabatnya untuk mengisi jabatan penting. Perlahan, perempuan itu ikut memerintah bersama suaminya.

 

Maharani Wu Zetian digambarkan sejarah sebagai sosok kontroversial dan sadis (China Culture)

Setelah kematian Gaozong pada 683, Wu tetap mengendalikan kekuasaan sebagai ibu suri. Ia mengangkat putranya Li Xian sebagai Kaisar Zhongzong. Tak sampai setahun, kaisar baru yang sulit dikendalikan ia gulingkan. Wu kemudian mengangkat putra keempatnya Li Dan sebagai Kaisar Ruizong. Dan pada 16 Oktober 690, Wu merebut takhta dan mendirikan wangsa baru, Dinasti Zhou yang dikendalikan dari ibukota Luoyang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintahan yang Diwarnai Skandal

Pemerintahannya diwarnai skandal. Wu tak tak punya belas kasih pada orang-orang yang gagal memenuhi keinginannya atau tak ia sukai. Ganjarannya penjara atau bahkan eksekusi mati. Tak terkecuali jika pelakunya adalah saudara atau kerabatnya sendiri, pun dengan orang-orang yang berjasa mendirikan dinasti. Wu juga disebut-sebut memiliki semacam harem yang dipenuhi pria muda. Di sisi lain, Wu adalah penguasa yang berhasil. Masa pemerintahannya berlangsung damai dan sejahtera. Ia memperkenalkan sistem meritokrasi dan ujian masuk bagi para calon birokrat. Di bawah kuasanya, Tiongkok juga menghindar dari perang. Wu juga menerima kunjungan sejumlah duta besar, termasuk dari Bizantium.

Wu memerintahkan penulisan biografi para perempuan terkenal, dan memerintahkan anak untuk berduka bagi kematian kedua orangtuanya -- bukan hanya ayah. Ia juga mengangkat seorang penasihat perempuan, Shangguan Wan'eryang disebut-sebut sebagai perdana menterinya. "Di bawah pemerintahan Wu, biaya militer dipangkas, pajak dipotong, gaji pegawai berprestasi dinaikkan, pensiun diberi tunjangan, dan tanah luas dekat ibukota diubah menjadi lahan pertanian," tulis Mary Anderson dalam bukunya, 'Hidden Power'. Kekuasaan Wu meredup pada 705 Masehi, saat usianya sudah lebih dari 80 tahun. Ia dilengserkan putranya sendiri. 'Kesalahan terbesarnya' adalah menikahkan putranya dengan seorang selir yang amat mirip dengannya: kejam dan ambisius.

 

Wu Zetian adalah satu-satunya kaisar perempuan sepanjang 4.000 tahun sejarah Tiongkok (Wikipedia)

Tak hanya Wu Zetian yang naik takhta pada 16 Oktober. Pada 1384, Jadwiga dinobatkan sebagai Raja Polandia. Meski sejatinya, ia adalah seorang perempuan. Sementara, tanggal yang sama pada 1793, seorang ratu menemu ajalnya dengan tragis. Leher Ratu Prancis Marie Antoinette ditebas dengan pisau guillotine. (Ein/Rmn)Baca juga:  16-10-1793: Ratu Prancis Marie Antoinette Dieksekusi Penggal 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.