Sukses

Ini Kuda Laut Paling Montok di Dunia?

Kuda laut sebesar 13 inch atau sekitar 33 cm itu tak sengaja terjaring oleh Michael Bailey, saat memancing belanak di Poole Harbour, Dorset.

Liputan6.com, Dorset - Jika biasanya kuda laut memiliki ukuran mini, tak demikian dengan yang satu ini. Hewan laut jenis berduri ini berukuran jumbo. Ditemukan oleh seorang nelayan di lepas pantai Inggris.

Penemuan tersebut memicu harapan segar bagi makhluk mistis yang terancam punah itu.

Kuda laut sebesar 13 inch atau sekitar 33 cm itu tak sengaja terjaring oleh Michael Bailey, saat memancing belanak di Poole Harbour, Dorset.

"Ikan besar itu berukuran sekitar 2 kali dari ukuran rata-rata spesiesnya. Ia merupakan yang terbesar yang pernah ditemukan. Lebih besar hampir sekitar 5 cm beda ukurannya," kata para ahli seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (29/9/2015).

Kuda laut raksasa itu mengaitkan ekornya ke jaring Bailey dan menempel, ketika ia dan rekannya Malcolm Glover menurunkan tangkapan di kapal.

Ketika menyadari betapa besarnya spesimen langka yang ditemukan, Bailey pun menghubungi ahli kuda laut. Lalu hewan laut itu difoto, kemudian dilepaskan kembali ke Selat Inggris.

Sekembalinya ke pantai, seorang ahli bernama Neil Garrick-Maidment yang juga Direktur Seahorse Trust, memberi mereka kabar bahwa kuda laut temuan mereka adalah yang terbesar yang pernah tertangkap di alam liar di mana saja di dunia.

"Kami menangkap ikan dengan menembak jaring dari perahu, kemudian menariknya. Setiap kuda laut yang tertangkap biasanya tersangkut di bagian ekor. Kami mendapat sekitar 30 kuda laut dalam setahun, tapi yang satu ini sangat spesial. Karena lebih besar dibandingkan yang biasa ditangkap, jadi aku menelepon Neil dari Seahorse Trust," jelas Bailey.

"Dia memintaku mengukur dan memotretnya, mencatat di mana kami menangkap si kuda laut. Kemudian melepaskannya kembali. Ketika kami kembali ke pantai, Neil mengatakan itu adalah kuda laut terbesar yang pernah ditangkap di alam liar, di mana saja di dunia. Ini bukan pemecahan rekor, tapi penemuan fantastis bagi spesies tersebut," tambahnya.

"Kami melihat banyak yang seperti itu, tapi yang jumbo itu cukup mengejutkan. Mereka cukup lucu," tutur Bailey yang telah memancing di perairan pantai selatan itu selama lebih dari 30 tahun.

Kuda laut jumbo itu berukuran 34 cm.

Sebelumnya Bailey juga memegang rekor untuk 2 kuda laut terbesar yang pernah tercatat di Kepulauan Inggris, berukuran 30cm dan 24cm.

Jumlah kuda laut di perairan Inggris dilaporkan berkurang karena rusaknya lahan eelgrass, yang menyediakan tempat berkembang biak ideal bagi mereka.

Teluk Studland di pintu masuk Poole Harbour adalah satu-satunya tempat di Inggris yang merupakan rumah bagi spesies kuda laut asli, yang berduri dan pendek. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini